Sabtu, 14 Nov 2020 06:21 WIB

Round Up

Benarkah Es Tape Termasuk Minuman Berakohol?

Tim detikHealth - detikHealth
es tape bakung cirebon Es Tape disebut-sebut mengandung alkohol (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Jakarta -

Kontroversi RUU (Rancangan Undang-Undang) Larangan Minuman Beralkohol membuat banyak orang bertanya-tanya, apakah es tape juga bakal dilarang? Jenis makanan hasil fermentasi seperti tape diketahui memiliki kandungan alkohol.

Dalam draft yang beredar, RUU tersebut mendefinisikan minuman beralkohol sebagai minuman yang mengandung etanol atau etil alkohol (C2H5OH). Jenis alkohol ini berbeda dengan alkohol untuk pelarut bahan kimia maupun disinfektan.

Etanol dalam kadar tertentu juga ditemukan pada berbagai produk fermentasi, misalnya tape. Karenanya, banyak yang bertanya-tanya apakah kelak jika RUU tersebut disahkan, es tape juga akan dilarang?

Pakar adiksi dari Institute of Mental Health Addiction And Neurosience (IMAN) dr Hari Nugroho membenarkan bahwa tape maupun es tape memiliki kandungan alkohol. Namun dipastikan, kadarnya tidak memabukkan.

"Sebenarnya kan tergantung dari proses fermentasinya itu tadi, makin lama difermentasi, kemudian jumlahnya si bahan yang difermentasi tinggi," jelasnya kepada detikcom Jumat (13/11/2020).

"Kalau misalnya tape itu kan kadang-kadang fermentasinya juga tidak terlalu lama, makanya kadar alkoholnya itu juga rendah gitu, sangat rendah," lanjutnya.

Konsumsi alkohol diketahui juga berdampak pada sistem metabolisme tubuh. Penggemar minuman beralkohol cukup akrab dengan istilah beer belly, yakni fenomena perut buncit akibat konsumsi alkohol berlebihan yang memicu perlemakan hati.

Ahli pencernaan Prof dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH menilai kandungan alkohol es tape tidak bisa disamakan dengan minuman keras. Cara mengonsumsinya yang berbeda membuat kadarnya juga lebih rendah sehingga relatif aman dikonsumsi asal tidak berlebihan.

"Saya sih belum pernah melihat orang mabuk karena makan tape. Kan begini, sekuat-kuatnya orang makan tape, berapa banyak sih?" katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "WHO: 3 Juta Orang Meninggal Tiap Tahun Akibat Alkohol"
[Gambas:Video 20detik]