Minggu, 15 Nov 2020 05:33 WIB

Round Up

Kontroversi Bagi-bagi Masker oleh Satgas COVID-19 di Hajatan Habib Rizieq

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jemaah memadati acara Maulid Nabi Muhammad SAW dan akad nikah putri Habib Rizieq Syihab di Petamburan, Sabtu (14/11/2020). Mereka berkerumun tanpa menjaga jarak. Suasana kegiatan Habib Rizieq (Foto: Ari Saputra)
Jakarta -

Satgas COVID-19 mendapat sorotan karena bagi-bagi masker dan hand sanitizer di perayaan Maulid Nabi dan pernikahan putri Habib Rizieq Shihab. Alasannya, tidak ada penerapan protokol kesehatan di setiap kegiatan Habib Rizieq.

"Setelah beberapa hari terakhir, kita menyaksikan sejumlah aktivitas yang dihadiri oleh Habib Rizieq Shihab. Banyak sekali masyarakat yang mengabaikan protokol kesehatan, tidak menjaga jarak dan banyak yang tidak menggunakan masker. Dan ini yang sangat kita sayangkan," kata Doni Monardo, Ketua Satgas Penanganan COVID-19, Sabtu (14/11/2020).

Pemberian bantuan masker kain dan masker bedah serta hand sanitizer dalam acara tersebut, menurut Doni merupakan upaya untuk mencegah penularan. Ia berpesan agar semua orang mematuhi protokol kesehatan atas kesadaran untuk saling melindungi, bukan karena ancaman denda.

Terkait potensi kerumuman yang terjadi dalam hajatan Habib Rizieq, Doni mengatakan telah berkomunikasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Ia meminta Pemprov untuk tegas.

"Kami juga sudah juga menghubungi Wakil Gubernur DKI Jakarta kemarin dan tadi siang bapak Gubernur Anies untuk betul-betul bisa menerapkan Perda sebagaimana yang telah tertuang dalam aturan yang telah dibuat oleh Pemerintah DKI Jakarta," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara telah mengirimkan dua surat kepada Habib Rizieq. Selain berpesan agar peserta tidak melebihi 50 persen kapasitas lokasi kegiatan, surat tersebut juga mengingatkan saksi atas pelanggaran protokol COVID-19.

"Jika ditemukan pelanggaran protokol kesehatan pada kegiatan tersebut, petugas akan menegakkan sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku di Provinsi DKI Jakarta," tulisnya.



Simak Video "Penjelasan Satgas Covid-19 Soal Bagi-bagi Masker di Pernikahan Putri Habib Rizieq"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)