Rabu, 18 Nov 2020 21:57 WIB

12 Nutrisi yang Bantu Anak Tumbuh Lebih Tinggi

Tim detikHealth - detikHealth
Ilustrasi tinggi badan anak Tinggi badan anak (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Tumbuh kembang anak dipengaruhi banyak faktor, salah satunya nutrisi yang dikonsumsinya. Salah satu fase penting dalam tumbuh kembang adalah ketika anak berusia di bawah satu tahun.

Pertumbuhan tinggi anak pada tahun pertama dapat mencapai 25 sentimeter dan termasuk masa pertumbuhan yang paling pesat. Untuk itu, pemilihan gizi yang tepat harus menjadi prioritas oleh orang tua untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak.

Hal ini senada dengan yang dikemukakan oleh Parenting Firstcry bahwa faktor penentu tinggi yang penting untuk anak adalah gen, pola makan, dan gaya hidup.

"Tinggi badan tidak semata-mata didasarkan pada genetika, sebagaimana dibuktikan oleh kembar identik yang terkadang memiliki tinggi yang berbeda," jelas Dr Joseph Gigante, professor pediatri di Fakultas Kedokteran Universitas Vanderbilt.

Dikutip dari HaiBunda, berikut ini nutrisi penting yang mendukung pertumbuhan tinggi pada anak:

1. Protein

Protein menduduki daftar teratas nutrisi yang harus dikonsumsi anak. Protein menjadi kunci untuk membangun, mengembangkan dan memelihara otot dan jaringan tubuh.

Tak hanya itu, protein juga berfungsi untuk mengganti sel-sel yang rusak. Salah satu dampak anak yang kekurangan protein adalah terhambatnya pertumbuhan atau tidak normal dan massa otot yang rendah.

Asupan protein dapat diperoleh dari sumber makanan hewani seperti daging dan telur atau sumber nabati seperti tahu, tempe dan kacang-kacangan.

2. Vitamin

Untuk menambah tinggi, vitamin D memainkan peranan vital dalam membantu tumbuh kembang anak karena membantu penyerapan kalsium dalam tubuh.

Sumber vitamin D terbaik didapatkan dari telur, susu dan produk olahannya seperti keju dan yoghurt. Tak hanya sumber vitamin D, susu juga merupakan sumber protein, mineral dan vitamin yang kaya.

Untuk mendapatkan asupan vitamin A yang baik, orang tua dapat memasukan wortel sebagai asupan wajib anak. Wortel tak hanya kaya akan vitamin A namun juga vitamin C yang penting menjaga kalsium dalam tulang dan menjaganya untuk tetap sehat. Jika tubuh kekurangan vitamin D, maka tulang anak cenderung lemah dan menghambat pertumbuhan anak.

3. Karbohidrat

Walaupun kerap kali dikaitkan dengan pemicu obesitas, karbohidrat juga penting dalam meningkatkan tinggi anak karena karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi dalam tubuh. Karbohidrat yang baik dikonsumsi didapatkan dari biji-bijian seperti gandum dan sereal.

4. Asam lemak

Asam lemak penting untuk asupan otak. Ketika asupan otak telah tercukupi maka anak dapat meningkatkan tingginya secara optimal. Contoh asam lemak yang baik untuk dikonsumsi adalah omega-3 dan omega-6. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ini, anak dapat mengonsumsi alpukat atau kacang-kacangan.

5. Mineral

Mineral juga vital untuk menunjang tumbuh kembang anak terutama dari segi tinggi badan. Makanan yang kaya kandungan zat besi, magnesium, fosfor, yodium, mangan, dan fluorida terbukti ampuh meningkatkan pertumbuhan pada anak-anak.

Masih ada 7 nutrisi penting lain yang dibutuhkan anak agar tumbuh tinggi. Simak selengkapnya di halaman BERIKUT.



Simak Video "Orang Tua Sebaiknya Tidak Menekan Anak Saat Belajar di Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)