Kamis, 19 Nov 2020 09:56 WIB

Viral Didiagnosis PCOS Usai Telat Haid 10 Bulan, Penyakit Apa Itu?

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Viral Wanita Idap PCOS, Baru Ketahuan Setelah 10 Bulan Tidak Haid Ketahuan mengidap PCOS setelah telat haid sampai 10 bulan. (Foto: Tangkapan layar)
Jakarta -

Viral di media sosial, kisah seorang wanita yang baru menyadari terkena PCOS (polycystic ovary syndrome) setelah tidak haid selama 10 bulan.

Wanita tersebut bernama Ria, kisah ini ia bagikan lewat sebuah video yang diunggahnya di TikTok. Sebelum didiagnosis mengidap PCOS, Ria memang memiliki siklus haid yang tidak teratur, seperti menstruasi 2-6 bulan sekali.

"Dan setelah diperiksa dokter, ternyata aku kena PCOS :') Jujur aku lemes banget saat itu, tapi aku yakin aku pasti bisa laluin ini semua, untuk semua wanita yang mungkin merasakan hal sama seperti aku, menstruasi tidak teratur, bisa cepet ke dokter spOG yah, biar semakin cepet diobatin," tulisnya dalam video tersebut, dikutip detikcom atas izin yang bersangkutan.

Apa itu PCOS?

Dikutip dari Mayo Clinic, PCOS adalah gangguan keseimbangan hormon yang kerap terjadi pada wanita. Umumnya PCOS terjadi pada wanita dalam usia reproduksi aktif.

Salah satu dampak PCOS sendiri ialah sulit hamil atau mengalami kondisi tidak subur (infertill).

Pengidap PCOS umumnya akan mengalami periode menstruasi yang tidak teratur. Hal ini bisa terjadi karena kadar hormon testosteron yang berlebih di dalam tubuh.

Lebih lanjut, ketidakseimbangan hormon mengakibatkan indung telur memproduksi cairan dalam jumlah tertentu, yang mengakibatkan sel telur tidak dilepaskan tubuh secara teratur.

Apa penyebab PCOS?

Hingga saat ini belum diketahui dengan pasti penyebab PCOS. Namun, dalam beberapa kasus PCOS bisa dideteksi sejak kali pertama datang bulan.

Misalnya, periode haid yang terlalu jarang dan lebih lama. PCOS tidak bisa sembuh, namun bisa dikontrol, sehingga wanita memiliki keseimbangan hormon lebih baik, sehat, dan berpeluang hamil.



Simak Video "Ini Manfaat yang Didapat Jika Mencatat Siklus Haid "
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)