Kamis, 19 Nov 2020 09:07 WIB

Viral Gara-gara 10 Bulan Telat Menstruasi, Wanita Ini Titip Pesan Penting

Farah Nabila - detikHealth
Viral Wanita Idap PCOS, Baru Ketahuan Setelah 10 Bulan Tidak Haid Telat haid hingga 10 bulan gara-gara PCOS (Foto: Tangkapan layar)
Jakarta -

Seorang wanita viral karena kedapatan mengidap PCOS secara tidak terduga setelah 10 bulan telat datang bulan. Kisah ini bermula saat Ria membagikan curhatnya di akun TikTok miliknya @ria.wnp melalui sebuah video singkat.

Dalam video yang sudah ditonton oleh 4 juta pengguna TikTok tersebut, ia bercerita untuk memutuskan pergi ke dokter spesialis kandungan setelah telat haid selama 10 bulan. Setelah melakukan pemeriksaan, dokter mendiagnosa ia mengidap penyakit polycystic ovary syndrome atau PCOS.

PCOS adalah gangguan hormon yang terjadi pada wanita di usia subur. Pengidap PCOS biasanya mengalami gangguan pada siklus haid dan memiliki kadar hormon laki-laki (androgen) yang berlebihan.

Saat dikonfirmasi detikcom, Ria mengaku sejak SMP memiliki siklus haid yang tidak lancar. Ia juga mengalami kenaikan berat badan yang drastis saat SMA. Kondisi ini makin memburuk saat ia masuk kuliah, ia bisa haid 4 hingga 6 bulan sekali.

"Sebelumnya itu pas lulus kuliah, sebelum aku menstruasi 10 bulan ini, aku udah ke salah satu dokter dengan rumah sakit yang berbeda tapi dokternya itu bilang aku nggak kenapa-kenapa dan cuma hormon aja, jadi katanya nanti kalau sudah menikah aku akan normal kembali dengan menstruasi yang lancar satu bulan sekali," ujar Ria saat dihubungi detikcom, Rabu (18/11/2020).

Dokter tersebut memberikan obat yang diminum selama 3 bulan dan siklus haid menjadi normal kembali. Saat obatnya habis, siklus haid menjadi tidak normal kembali.

Pada bulan Januari ia mengalami stres dan siklus haid tidak normal. Namun Ria merasa tidak khawatir karena dokter sudah mengatakan dirinya baik-baik saja. Hingga pada bulan Oktober ia menyadari tidak haid selama sebulan dan memutuskan untuk pergi ke dokter berbeda. Kemudian dokter mendiagnosa dirinya mengidap penyakit PCOS.

Apa penyebab PCOS yang diidap Ria? Simak di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Nyeri Hebat saat Menstruasi Bisa Mandul? Ini Penjelasan Dokter!"
[Gambas:Video 20detik]