Kamis, 19 Nov 2020 16:50 WIB

Jangan Panik, Ini yang Dilakukan Jika Ada Tetangga Terpapar COVID-19

Nurcholis Maarif - detikHealth
Pelacakan dari warga positif virus Corona atau COVID-19 di Kelurahan Bumi, Laweyan, Kota Solo, Jawa Tengah berkembang hingga satu RT. Foto: Agung Mardika
Jakarta -

Pandemi COVID-19 masih belum usai sehingga semua masyarakat harus selalu waspada agar tidak terinfeksi virus Corona. Apalagi jika tahu ada tetangga yang tinggal di sekitar rumah telah terinfeksi COVID-19.

Namun bukannya menjauhi atau bahkan mencaci, ada beberapa tindakan yang harus dilakukan saat tahu ada tetangga di lingkungan rumah yang terpapar COVID-19. Hal itu terangkum dalam Protokol Kesehatan untuk Keluarga yang dikeluarkan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA).

Tak Boleh Panik

Hal yang harus diketahui ialah panik justru dapat mengurangi efektivitas sistem kekebalan tubuh. Seperti diketahui, sistem kekebalan tubuh merupakan salah satu faktor penting agar tidak mudah terinfeksi virus Corona maupun penyakit lainnya. Jadi, tetap tenang dan lakukan langkah berikutnya.

Terapkan Protokol Kesehatan 3M

Minimal dengan memakai masker, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, serta menjaga jarak. Protokol Kesehatan 3M dilakukan oleh masyarakat agar tidak mudah terinfeksi virus yang sulit ditemukan keberadaannya. Nah, apalagi kalau ada tetangga yang terpapar, 3M harus selalu ditingkatkan.

Batasi Interaksi Fisik

Masyarakat harus membatasi interaksi fisik dengan warga sekitar, bukan hanya yang terpapar COVID-19. Sebab kita belum tahu tetangga yang terpapar COVID-19 itu sebelumnya berinteraksi dengan siapa saja dan pernah ke masa saja.

Ingatkan Warga Menjaga Kebersihan

Bersihkan rumah dan lingkungan sekitar serta ditambah dengan disinfeksi. Kamu bisa memulai dari diri sendiri lalu ajak warga untuk bergotong-royong membersihkan dan disinfeksi dari rumahnya masing-masing.

Jangan Berikan Stigma Negatif

Hal yang penting dilakukan selanjutnya ialah jangan memberikan stigma negatif untuk tetangga yang terpapar COVID-19. Sebaliknya, tunjukkanlah empati untuk mereka yang sedang terpapar COVID-19 maupun sudah sembuh. Jika perlu, bantu pemenuhan logistik bagi yang menjalani isolasi mandiri yang tak memiliki keluarga.

Laporkan ke Satgas COVID-19

Masyarakat juga perlu melapor ke Satgas COVID-19 setempat atau minimal RT atau RW di lingkungan rumah. Terutama, jika warga yang positif COVID-19 tersebut melanggar protokol kesehatan di luar rumah karena membahayakan yang lainnya.



Simak Video "Tips Ajarkan Anak Disiplin Protokol Kesehatan dari Kak Seto"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/up)