Jumat, 20 Nov 2020 11:54 WIB

Pandemi Sudah Hampir Setahun, Negara Ini Baru Laporkan Kasus Pertama COVID-19

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Transportasi Umum di Samoa Samoa laporkan kasus pertama COVID-19. (Foto: Dok. Xinhua/Guo Lei)
Jakarta -

Penyebaran Virus Corona COVID-19 semakin luas. Negara Samoa yang sebelumnya terbebas dari penyakit ini, kini melaporkan kasus pertama COVID-19.

Pemerintah Samoa mengatakan, kasus pertama COVID-19 di negaranya adalah seorang pelaut. Ia tiba di Samoa setelah melakukan penerbangan dari Auckland, Selandia Baru, pada Jumat (13/11/2020) lalu.

Empat hari setelah tiba di Samoa dan menjalani karantina, pelaut tersebut dinyatakan positif COVID-19.

Menurut surat kabar Samar Observer, sebelum tiba di Samoa, pria tersebut telah melakukan perjalanan dengan 25 pelaut lainnya dari Eropa. Ia kemudian ikut dalam penerbangan dengan 274 warga Samoa lainnya pekan lalu.

Perdana Menteri Samoa, Tuilaepa Sailele Malielegaoi, menjelaskan, pelaut itu segera diisolasi setelah dinyatakan positif COVID-19. Namun, dalam pemeriksaan kedua yang dilakukan pada Kamis kemarin, pasien itu dinyatakan negatif.

"Tes kedua dilakukan pukul 6 pagi (waktu setempat) dan hasilnya negatif dan hal ini terjadi... Pada saat yang sama (penting) bagi negara untuk tetap tenang," ucap Malielegaoi, dikutip dari TVNZ.

Malielegaoi pun meminta masyarakat untuk tetap tenang dan mengambil tindakan pencegahan COVID-19, seperti rutin mencuci tangan dan mempraktikan social distancing.

"Sekarang kami memiliki satu kasus dan akan masuk ke dalam negara-negara di dunia yang terjangkit virus Corona," ujar Malielegaoi.

Negara yang terbebas dari COVID-19 makin sedikit

Dikutip dari Al Jazeera, dilaporkannya kasus pertama COVID-19 di Samoa membuat negara yang terbebas dari infeksi virus Corona menjadi makin sedikit.

Sebelumnya, Vanuatu, Kepulauan Solomon, Kepulauan Marshall juga telah melaporkan kasus pertama COVID-19 di negaranya. Hingga kini negara yang masih terbebas dari penyakit COVID-19, di antaranya sebagai berikut.

  • Kiribati
  • Mikronesia
  • Nauru
  • Palau
  • Tonga
  • Tuvalu.


Simak Video "Cara Mudah Bantu 'Memulihkan' Dunia dari Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)