Jumat, 20 Nov 2020 19:06 WIB

Satgas COVID-19 IDAI: 11,3 Pasien Corona di Indonesia adalah Anak-anak

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Sick child sleep on the bed in hospital during have a saline drip Sebanyak 11,3 persen pasien Corona di Indonesia adalah anak-anak. (Foto: Getty Images/iStockphoto/kan2d)
Jakarta -

Ketua Satgas COVID-19 Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr Yogi Prawira, SpA(K), mengatakan bahwa saat ini sebanyak 11,3 persen dari total pasien Corona di Indonesia adalah anak-anak.

"Artinya, 1 dari 9 atau 10 orang yang terinfeksi itu adalah anak atau di bawah 18 tahun. Ini proporsi yang cukup memperhatikan," kata dr Yogi dalam siaran pers di kanal Youtube BNPB, Jumat (20/11/2020).

Meski begitu, dr Yogi menjelaskan sebagian besar anak yang terinfeksi Corona ini hanya mengalami gejala ringan atau bahkan tidak bergejala. "Angkanya sekitar 85 persen. Jadi kalau ada 100 anak yang terinfeksi, 85 itu ringan tanpa gejala," jelasnya.

dr Yogi pun mengingatkan, meski mayoritas anak yang terinfeksi Corona hanya bergejala ringan, ada sekitar 2 persen dari total kasus COVID-19 anak di Indonesia yang mengalami gejala berat hingga kritis.

"Sakit kritis artinya dirawat di ICU, kebetulan ICU anak bahkan sebelum pandemi kita masih kurang," ujarnya.

Maka dari itu, untuk menghindari risiko buah hati terjangkit COVID-19, dr Yogi mengajak masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan di mana pun berada, seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.



Simak Video "Klaster Keluarga Jadi Sumber Penularan Corona Pada Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)