Sabtu, 21 Nov 2020 15:38 WIB

Ricky Yacobi Tutup Usia Saat Olahraga, Ini Fakta-fakta Serangan Jantung

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Ricky Yacobi beberapa saat sebelum meninggal dunia. RIcky Yacobi beberapa saat sebelum meninggal dunia. (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Pesepakbola legendaris Ricky Yacobi meninggal dunia saat berolahraga. Ricky diduga mengalami serangan jantung saat bermain sepakbola di ajang silaturahmi dengan tajuk Trofeo Medan Selection di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta Pusat.

Ricky, pria berusia 57 tahun yang meninggal pada Sabtu (21/11/2020) ini sempat mencetak gol sebelum akhirnya tak sadarkan diri dan terjatuh. Sempat dilarikan ke rumah sakit, tetapi sayang Ricky tak tertolong.

Selain Ricky, tidak sedikit yang meninggal dunia usai mengalami serangan jantung. Pemicu serangan jantung kerap tak banyak disadari sehingga setiap orang tak sadar memiliki risiko terkena serangan jantung.

Dikutip detikcom dari berbagai sumber, berikut fakta-fakta terkait serangan jantung.

1. Serangan jantung bisa memicu henti jantung

Serangan jantung terjadi saat aliran darah yang membawa oksigen ke otot jantung tiba-tiba tersumbat. Jika tak segera diatasi, pasien bisa mengalami serangan jantung mendadak hingga bisa berakibat henti jantung.

"Serangan jantung bisa berakibat henti jantung. Henti jantung ketika terjadi sumbatan mendadak pada pembuluh darah koroner yang seharusnya memberi makan otot jantung agar kuat memompa jantung," jelas dokter spesialis jantung, dr Vito Anggarino Damay kepada detikcom Sabtu (21/11/2020).

2. Gejala serangan jantung

Gejala serangan jantung meliputi nyeri dada, sesak napas, dan rasa sakit yang menyebar ke leher punggung. Selain itu, wajah bisa terlihat tampak abu-abu akibat kekurangan oksigen, diikuti dengan pusing, mual, hingga muntah.

Ada beberapa gejala serangan jantung yang bisa terjadi. Di antaranya adalah nyeri dada, sesak napas, rasa sakit yang menyebar ke leher hingga punggung, wajah tampak terlihat abu-abu karena kurang oksigen, pusing, mual, dan muntah.

3. Serangan jantung sering terjadi di waktu pagi

Serangan jantung lebih banyak dilaporkan terjadi pagi hari. Mulai dari pukul 6 pagi hingga 12 siang.

Selanjutnya
Halaman
1 2