Sabtu, 21 Nov 2020 17:00 WIB

Buta Gegara Radiasi Gadget Saat Belajar Online? Dokter Mata: Hoax!

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Ilustrasi anak dan gadget Ilustrasi belajar online. (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Heboh di media sosial seorang anak diduga buta akibat paparan radiasi saat menggunakan handphone ketika belajar online. Benarkah radiasi dari gadget bisa menyebabkan kebutaan?

dr Ferdiriva Hamzah, SpM (K) dari Rumah Sakit Mata JEC menegaskan radiasi dari gadget maupun komputer sama sekali tidak berbahaya bagi mata. Menurutnya, tidak benar jika radiasi disebut-sebut bisa menyebabkan kebutaan.

"Radiasi yang dihasilkan oleh komputer tidak menyebabkan kebutaan. Radiasi yang dihasilkan oleh gadget juga tidak merusak mata," tegas dr Ferdiriva saat dihubungi detikcom, Sabtu (21/11/2020).

Maka dari itu, menurutnya, aman-aman saja jika anak menjalani pembelajaran secara daring melalui gadget maupun komputer. Ia berpesan kepada para orangtua untuk intens mengecek kondisi kesehatan mata anak, terlebih apakah anak memiliki minus.

"Nggak perlu juga pakai kacamata radiasi, yang membuat capek itu adalah waktunya, terlalu lama di depan layar gadget atau komputer membuat mata lelah," jelasnya.

Kala menggunakan gadget maupun komputer, dr Ferdiriva menyarankan untuk mengambil jeda atau waktu istirahat selama kurang lebih 15 menit. Rutin dilakukan setelah 2 jam berada di depan gadget.

"Setiap 2 jam, istirahat 15 menit," pesan dr Ferdiriva.

Lebih lanjut, menurutnya, bukan radiasi yang membahayakan anak saat belajar online melalui gadget, tetapi seberapa dekat jarak anak dengan layar gadget dan berapa lama waktu yang dihabiskan di depan layar gadget mereka.

Berikut cara aman menggunakan gadget agar mata tidak rusak atau lelah.

- Beri waktu istirahat pada mata saat menggunakan gadget

- Pastikan layar gadget handphone atau komputer tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap

- Setiap 20 menit di depan layar gadget, istirahatkan mata selama 20 detik dengan mengalihkan pandangan dari layar objek yang berjarak minimal 20 kaki atau enam meter dari tempat menatap layar gadget.



Simak Video "Ternyata Inilah Etnis yang Paling Berisiko Masalah Kesehatan Mata"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)