Senin, 23 Nov 2020 23:07 WIB

Ini Pentingnya Kualitas Tidur untuk Jaga Tubuh Tetap Fit

Abu Ubaidillah - detikHealth
Cropped shot of an attractive young woman wearing a sleep mask while lying in bed Foto: iStock
Jakarta -

Menjaga kekebalan tubuh sangat penting, apalagi saat ini masih dalam suasana pandemi ditambah telah tibanya musim hujan yang membuat seseorang bisa menjadi lebih rentan terkena penyakit berbahaya.

Untuk menjaga kekebalan agar tubuh tetap fit, tidak hanya dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi atau tingkat stres saja. Hal lain yang dapat berpengaruh pada kekebalan tubuh adalah kualitas tidur.

Dilansir dari Mayoclinic, kurang tidur bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda. Studi menunjukkan orang yang tidak mendapatkan kualitas tidur atau tidur yang cukup cenderung mudah sakit dan lebih lama sembuh.

Selama tidur, sistem kekebalan tubuh akan melepaskan protein yang disebut sitokin, beberapa di antaranya bisa membantu mendorong tidur. Sitokin tertentu perlu ditingkatkan ketika Anda mengalami infeksi atau peradangan, atau ketika Anda sedang stres.

Kurang tidur bisa menyebabkan produksi sitokin pelindung ini menurun. Selain itu, antibodi dan sel yang melawan infeksi berkurang selama periode saat Anda tidak cukup tidur.

Jadi, tubuh Anda membutuhkan tidur untuk melawan penyakit menular. Kurang tidur dalam jangka panjang juga berisiko meningkatkan obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan pembuluh darah (kardiovaskular).

Orang dewasa disarankan tidur nyenyak selama 7-8 jam, remaja membutuhkan 9-10 jam tidur nyenyak, sedangkan anak-anak usia sekolah mungkin membutuhkan minimal 10 jam tidur atau lebih.

Namun tidur lebih lama tidak selalu lebih baik. Bagi orang dewasa, tidur lebih dari 9-10 jam semalam bisa menyebabkan kualitas tidur yang buruk, salah satunya adalah sulit tidur atau insomnia.

Melansir dari sumber lainnya, agar mendapat kualitas tidur yang baik dan nyenyak, manusia membutuhkan hormon melatonin atau yang biasa disebut dengan 'hormon tidur'. Hormon melatonin diproduksi oleh tubuh secara alami.

Hormon melatonin bekerja sama dengan ritme sirkadian tubuh yang membantu Anda kapan saatnya tidur, bangun, dan makan. Melatonin juga membantu mengatur suhu tubuh, tekanan darah, dan kadar beberapa hormon.

Saat malam hari, kadar melatonin dalam tubuh mulai meningkat dan menandakan tubuh Anda sudah waktunya tidur. Sebaliknya, ketika siang hari, cahaya akan menekan produksi melatonin dan ini adalah cara tubuh Anda mengetahui sudah waktunya bangun.

ForneuroForneuro Foto: dok. Kalbe



Vitamin B12 disebut menjadi salah satu vitamin yang memberikan pengaruh langsung pada melatonin yang berpengaruh pada kualitas tidur. Anda bisa mendapatkan asupan vitamin B12 yang cukup dengan mengonsumsi Forneuro.

Forneuro merupakan multivitamin 3 in 1 paduan sinergis vitamin B1, B6, B12, dengan Vitamin E dan asam folat yang juga bermanfaat untuk memperbaiki sel dan jaringan lunak tubuh, memelihara sel saraf, dan mencegah timbulnya penyakit-penyakit degeneratif.

(ads/ads)