Kamis, 26 Nov 2020 13:06 WIB

Wheelset Jadi Barang Bukti Korupsi Edhy Prabowo, Berapa Sih Harganya?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
KPK memamerkan barang bukti dari kasus yang menjerat Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. Terdapat barang-barang mewah yang disita KPK dalam kasus ini. Barang bukti Edhy Prabowo. (Foto: ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso, rifki/ detikcom)
Jakarta -

Barang bukti kasus korupsi Edhy Prabowo jadi sorotan. Bagaimana tidak, Edhy disebut menghabiskan dana Rp 750 juta untuk membeli barang-barang mewah.

Sebut saja jam tangan Rolex, tas Louis Vuitton, tas Hermes, sampai wheelset sepeda beserta rangka yang masih terbungkus. Soal merek sepedanya sendiri, KPK belum menjelaskan secara rinci tetapi diyakini berjenis roadbike.

Wheelset, yang salah satu komponen utamanya adalah velg, adalah seperangkat komponen sepeda yang berhubungan dengan roda. Komponen-komponen ini mahal sekali karena berpengaruh pada bobot dan performa sepeda secara keseluruhan. Wheelset punya tiga tipe, yakni low, medium dan high yang dibedaklan dari ketebalannya.

Soal harga gimana?

"Nah kalau harganya itu ada yang jutaannya satu digit sampai jutaannya tiga digit. Sampai ratusan juta juga ada. Jadi memang lumayan gila, satu wheelset itu bisa dapat mobil," kata pegowes Rocky dari komunitas Green Fly Cycling Team, saat dihubungi detikcom, Kamis (26/11/2020).

Harga wheelset sendiri bergantung pada bahan yang dipilih dan peruntukannya. Disebutkan oleh Rocky, harga wheelset juga dipengaruhi stiffness atau kekakuan yang didapatkan dari komponennya.

"Kisaran Rp 6 jutaan ada, ini yang bahan carbon ya sampai ratusan. Yang biasa banuak dipakai sih kisaran 30-50an ya.

"Kalau yang ratusan itu bahannya sama, carbon juga. tapi carbonnya ada yang bagus, ada bagus banget. Dia carbonnya forged, itu lebih kuat, stiffnessnya jg lebih tinggi jadi kalau kita gowes, nggak plenyot-plenyot," pungkasnya.



Simak Video "Pengiriman Vaksin Pfizer ke Indonesia Masih di Tahap Negosiasi"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)