Kamis, 26 Nov 2020 20:00 WIB

Bumil Perlu Tahu, Pentingnya Vitamin D untuk Kecerdasan Anak

Farah Nabila - detikHealth
Young happy pregnant mother posing next to a window at home and touching her belly Manfaat vitamin D untuk kecerdasan anak. (Foto: Getty Images/iStockphoto/demaerre)
Jakarta -

Vitamin D adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan. Konsumsi vitamin D kerap dikaitkan kesehatan dan perkembangan janin.

Sebuah studi menemukan bahwa vitamin D yang dikonsumsi ibu hamil berhubungan dengan tingkat kecerdasan anak. Peneliti dari Seattle Children's Research Institute mengatakan, ibu hamil dengan kadar vitamin D lebih tinggi cenderung memiliki anak dengan skor IQ (Intelligence Quotient) yang tinggi.

Hubungan ini secara khusus terlihat pada anak-anak perempuan kulit hitam. Studi meneliti kekurangan vitamin D yang berpengaruh pada tingkat kecerdasan anak.

Studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition ini menemukan, kekurangan vitamin D adalah masalah umum di antara wanita hamil.

Menurut Melissa Melough selaku pemimpin studi, pigmen melanin melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Tetapi dengan menghalangi sinar ultraviolet (UV), melanin mengurangi produksi vitamin D di kulit.

"Meskipun banyak wanita hamil mengonsumsi vitamin prenatal, ini mungkin tidak bisa memperbaiki kekurangan vitamin D," kata Melough, yang juga ilmuwan di Center of Child Health, Behavior, and Development, dilansir Study Finds.

Studi mencatat bahwa sebanyak 80 persen wanita kulit hitam yang hamil mengalami kekurangan vitamin D. Hampir setengah (46 persen) ibu hamil di penelitian mengalami kekurangan vitamin D yang direkomendasikan. Kadar tersebut lebih rendah pada wanita kulit hitam dibandingkan kulit putih.

Ada beberapa fakta lain terkait penelitian pentingnya vitamin D untuk kehamilan. KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Simak! Petunjuk Konsumsi Suplemen Vitamin D untuk Pasien COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)