Jumat, 27 Nov 2020 12:30 WIB

Mengenal RS Ummi Bogor, Eks RS Ibu-Anak Tempat Habib Rizieq Dirawat

Kanya Anindita - detikHealth
RS Ummi Bogor RS Ummi Bogor tempat Habib Rizieq dirawat (Foto: Kanya Anindita/detikHealth)
Bogor -

Habib Rizieq Shihab tengah dirawat bersama sang istri di RS Ummi Bogor karena kelelahan. RS yang berlokasi di kawasan Empang, Bogor, Jawa Barat, ini sebelumnya dikenal sebagai RS Ibu dan Anak (RSIA).

"Iya memang dulu ini RSIA mulai dari tahun 2013 sampai 2016. Kemudian menjadi rumah sakit umum atau RSU per 31 Desember 2016," kata Chairuddin, Humas RS Ummi Bogor, Jumat (27/11/2020).

Tidak sulit menemukan lokasi RS Ummi Bogor. Dari Stasiun Bogor, rumah sakit ini bisa diakses dengan menggunakan angkot nomor 02, namun harus menyeberangi jembatan jika ingin menyingkat waktu. Kurang lebih butuh waktu 10 menit untuk sampai di RS Ummi Bogor.

Lokasi ini juga tidak jauh dari BTM (Bogor Trade Mall), salah satu pusat perbelanjaan di hota hujan. Dengan berjalan kaki, RS Ummi Bogor bisa diakses dalam 5 menit dari tempat tersebut.

RS Ummi BogorKiriman bunga untuk Habib Rizieq di RS Ummi Bogor. Foto: Kanya Anindita/detikHealth

Lokasi tempatnya ada di tepatnya di Jalan Empang II No 2, RT 04/RW 02, Kelurahan Empang, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat. Karena banyak ditinggali warga dari etnis Arab, wilayah ini dikenal juga sebagai Kampung Arab.

"Ya karena di sini banyak warga Arab mangkanya dinamain Kampung Arab," kata salah seorang warga.

Persis di seberang RS Ummi Bogor, ada salah satu masjid tua, Masjid At-Tohiriyah.

Soal kondisi Habib Rizieq, Ketua DPP Front Pembela Islam (FPI) Slamet Maarif menyebut hanya kelelahan. Secara umum, Habib Rizieq dalam kondisi baik dan menempati ruang perawatan di President Suite RS Ummi Bogor.

"Alhamdulillah, IB-HRS dalam kondisi sangat baik, sehat walafiat. Sejak kemarin IB-HRS datang ke RS UMMI meminta 'General Check-Up' karena sempat kelelahan saat disambut, disalami, dipeluk, dan diciumi ribuan umat Islam yang rindu dan antusias," jelas Slamet seperti diberitakan sebelumnya.



Simak Video "Polisi Periksa Panitia Acara Habib Rizieq yang Bikin Kerumunan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)