Rabu, 02 Des 2020 05:40 WIB

12 Obat Batuk Alami yang Ampuh Dari Bahan Rumahan

Zintan Prihatini - detikHealth
ilustrasi flu Obat batuk alami (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Batuk menjadi salah satu gejala umum COVID-19, tetapi bisa juga dialami karena kondisi atau infeksi lain termasuk alergi. Ada beberapa obat batuk yang umumnya dijual bebas di apotek, namun obat batuk alami tidak kalah ampuh meredakan gejala ini.

Beberapa obat batuk alami bisa membantu meredakan batuk jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Jika batuk parah atau berlanjut selama lebih dari beberapa minggu, sebaiknya segera memeriksakan diri.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut 12 obat batuk alami yang bisa dibuat sendiri dan berasal dari bahan rumahan.

1. Teh madu

Teh madu bisa dijadikan obat batuk alami. Beberapa penelitian menemukan bahwa madu bisa membantu redakan batuk, madu disebut bisa meredakan batuk pada anak secara signifikan.

Untuk membuat obat batuk dari madu, campurkan dua sendok teh madu dengan air hangat atau teh herbal. Minum ramuan ini satu hingga dua kali sehari. Hindari memberikan minuman ini kepada anak di bawah usia satu tahun.

2. Jahe

Kandungan antiinflamasi dalam jahe bisa meredakan batuk kering maupun asma. Selain itu, jahe juga dapat meredakan rasa mual dan nyeri.

Penelitian menemukan bahwa senyawa antiinflamasi dalam jahe dapat mengendurkan membran di saluran udara, yang dapat mengurangi batuk.

Untuk meredakan batuk, masukkan 20-40 gram irisan jahe ke dalam secangkir air panas. Diamkan selama beberapa menit sebelum diminum. Tambahkan madu atau jus lemon untuk menambah rasa nikmat dan efektivitasnya.

3. Minuman hangat

Penelitian menemukan bahwa minum air pada suhu kamar dapat menjadi obat batuk alami karena ampuh meredakan batuk, pilek, dan bersin. Namun, bagi yang mengidap gejala tambahan seperti pilek mungkin lebih membutuhkan air hangat.

Minuman hangat bisa meringankan sakit tenggorokan, menggigil, dan kelelahan. Minuman hangat yang bisa dikonsumsi sebagai obat batuk alami di antaranya teh herbal, teh hitam tanpa kafein, air hangat, maupun jus buah hangat.

4. Kumur air garam

Obat batuk alami ini merupakan salah satu yang paling efektif untuk mengobati sakit tenggorokan dan batuk. Air garam dapat mengurangi dahak dan lendir di bagian belakang tenggorokan.

Cara membuatnya dengan memasukan setengah sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat, lalu aduk hingga larut. Biarkan larutan menjadi agak dingin sebelum digunakan untuk berkumur.

5. Daun thyme

Selain digunakan sebagai bumbu dalam masakan, daun thyme juga bisa menjadi obat batuk alami, sakit tenggorokan, bronkitis, dan masalah pencernaan. Cari obat batuk dengan kandungan thyme di dalamnya atau buat teh daun thyme dengan menambahkan dua sendok teh thyme kering ke dalam secangkir air panas. Seduh selama 10 menit sebelum disaring lalu minum.

Kunyit dan kencur juga termasuk obat batuk alami. Klik halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Makan Es Krim Bikin Anak Batuk dan Flu? Begini Faktanya!"
[Gambas:Video 20detik]