Rabu, 02 Des 2020 05:40 WIB

12 Obat Batuk Alami yang Ampuh Dari Bahan Rumahan

Zintan Prihatini - detikHealth
ilustrasi flu Obat batuk alami (Foto: thinkstock)

6. Makanan dengan probiotik

Probiotik tidak secara langsung meredakan batuk, tetapi dapat meningkatkan sistem kekebalan dengan menyeimbangkan bakteri di usus. Sistem kekebalan yang baik dapat melawan infeksi atau alergen yang mungkin menyebabkan batuk.

Penelitian menemukan bahwa laktobasilus bisa mencegah flu biasa. Beberapa makanan juga kaya probiotik secara alami, di antaranya sup miso, yoghurt, kimchi, dan kol parut hasil fermentasi. Pilihan lainnya adalah mengonsumsi suplemen probiotik.

7. Jintan

Jintan biasa digunakan sebagai bumbu masakan tetapi juga bisa sebagai bahan obat alami. Daun jintan bisa digunakan sebagai ramuan untuk meredakan batuk. Tak hanya mengobati batuk, tanaman herbal ini bisa mengobati encok, melegakan sesak napas, dan meredakan kembung.

8. Kencur

Kencur mengandung borneol, methyl-pcumaric acid, cinnamicacid ethtyl-ester pentadecane, cinnamic aldehyde, camphene, dan lain-lain. Kandungan tersebut bisa menjadi obat batuk alami, menghangatkan tubuh, menghilangkan rasa sakit, dan mengencerkan dahak. Parut kencur dan ambil sari-sarinya, tambahkan air dan sedikit garam lalu minum untuk meredakan batuk.

9. Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin, senyawa yang memiliki sifat antiinflamasi, antivirus, dan antibakteri. Senyawa itu juga bisa menjadi obat batuk kering.

Untuk meminum obat batuk alami ini, campur satu sendok teh kunyit dan 1/8 sendok teh lada hitam ke dalam minuman, seperti jus jeruk dingin. Kunyit bisa dibuat menjadi teh hangat. Kunyit telah digunakan sebagai obat alami untuk mengobati kondisi pernapasan bagian atas, bronkitis, dan asma dalam pengobatan Ayurveda.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Makan Es Krim Bikin Anak Batuk dan Flu? Begini Faktanya!"
[Gambas:Video 20detik]