Jumat, 04 Des 2020 05:00 WIB

12 Obat Tradisional Asam Lambung yang Mudah Ditemukan di Dapur

Tim detikcom - detikHealth
Stomach pain, profile side view portrait of unhappy sad young girl in blue striped t-shirt and pigtail hair standing and feeling pain on her stomach. indoor studio shot isolated on green background. Foto: iStock/12 Obat Tradisional Asam Lambung yang Mudah Ditemukan di Dapur

3. Kayu Manis

Bumbu sederhana ini berfungsi sebagai antasid alami untuk asam lambung dan dapat menenangkan perut Anda, dengan meningkatkan pencernaan dan penyerapan.

Untuk bantuannya, minumlah teh kayu manis untuk menyembuhkan infeksi pada saluran cerna. Kayu manis adalah pembangkit nutrisi dan sarat dengan khasiat bermanfaat bagi kesehatan.

4. Buttermilk

Buttermilk mengandung asam laktat yang menetralkan keasaman di lambung. Taburkan sejumput lada hitam atau 1 sendok teh daun ketumbar untuk hasil terbaik.


5. Gula Merah

Pernah bertanya-tanya mengapa orang yang lebih tua menghabiskan makan dengan gula merah? "Karena kandungan magnesiumnya yang tinggi, gula merah membantu meningkatkan kekuatan usus," kata Dr. Manoj K. Ahuja, dari Rumah Sakit Fortis, New Delhi.

Gula merah membantu pencernaan dan membuat sistem pencernaan Anda lebih bersifat basa, sehingga mengurangi keasaman lambung.

Isaplah sepotong kecil gula merah setelah makan, dan rasakan manfaatnya. Karena gula merah juga membantu menjaga suhu tubuh normal dan mendinginkan perut selama musim panas atau kemarau.


6. Cengkeh

Cengkeh AmpuhCengkeh Ampuh Foto: Cengkeh Ampuh

Selama bertahun-tahun, cengkeh telah menempati posisi penting dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan Ayurveda untuk mengobati gangguan pencernaan.

Cengkeh bersifat karminatif, sehingga mencegah pembentukan gas di saluran pencernaan. Tambahkan cengkeh saat memasak makanan seperti kacang merah atau lentil hitam yang cenderung menyebabkan perut kembung.

Anda bahkan bisa makan cengkeh dan kapulaga yang dihancurkan (dicampur dalam jumlah yang sama) untuk mengobati asam lambung dan menghilangkan bau mulut.

7. Biji Jintan

Biji jintan dipercaya sebagai obat tradisional asam lambung. Biji jintan bekerja sebagai penetral asam yang hebat, membantu pencernaan dan meredakan sakit perut.

Hancurkan sedikit biji jintan panggang, aduk ke dalam segelas air atau rendam satu sendok teh biji jintan dalam secangkir air matang dan minum setelah makan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3