Senin, 07 Des 2020 17:30 WIB

1,2 Juta Vaksin Sinovac Tiba, Bagaimana Uji Klinisnya di Indonesia?

Yudha Maulana - detikHealth
Vaksin Corona dari Sinovac disimpan di Bio Farma usai tiba di Indonesia pada Minggu (6/12) malam. Sampel vaksin kemudian akan dites BPOM. Vaksin COVID-19 Sinovac (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Bandung -

Uji klinis fase III vaksin COVID-19 Sinovac oleh Universitas Padjadjaran akan terus dilakukan, meskipun pemerintah pusat telah mendaratkan 1,2 juta dosis vaksin dari perusahaan yang berbasis di China itu pada Minggu (6/12/2020). Ketua Tim Riset Vaksin COVID-19 Unpad Kusnandi Rusmil menegaskan hal itu saat dihubungi Senin (7/12).

"Uji klinis jalan terus, enggak ada pengaruhnya. Mau datang banyak vaksin, uji klinis jalan terus," kata Kusnandi.

Menurutnya, negara yang melaksanakan uji klinis vaksin Sinovac ini bukan hanya Indonesia. Tetapi juga, negara lainnya seperti Brazil dan Uni Emirat Arab. Kemungkinan, kata Kusnandi, vaksin yang datang berasal dari negara-negara tersebut yang telah menyelesaikan uji klinis.

"Uji kllinis bukan di Bandung aja, di Brasil ada, di Uni Emirat ada, mungkin itu yang datang. Kalau bulk-nya sama. Biofarma bisa bikin vaksin tapi bulk-nya dari Sinovac," katanya.

Sejauh ini, sambung Kusnandi, penyuntikkan vaksin telah selesai diberikan kepada seluruh relawan. Rinciannya, 1.620 relawan telah diberi suntik pertama, dan pada penyuntikan kedua diberikan kepada 1.610 relawan. Seperti diketahui, ada 10 relawan yang mengundurkan diri usai disuntik vaksin pertama karena berbagai alasan.

"Bagus aja, penyuntikkan sudah selesai udah tinggal evaluasi tiga bulan. Enam bulan selesai deh. Sudah selesai, penyuntikan pertama 1620, penyuntikan kedua 1610. Sudah selesai. Penyuntikan sudah selesai," ujarnya.

Sementara itu, saat ini pengambilan darah akan dilakukan untuk memantau imunogenisitas vaksin. "Itu sudah dilakukan, untuk melihat imunogenisitasnya. Hasilnya belum dibuka," tuturnya.

Seperti diketahui 1,2 juta vaksin Sinovac tiba di Indonesia pada Senin (7/12) malam. Jutaan dosis vaksin itu disimpan dalam 7 envirotainer yang diangkut menggunakan tiga truk dan dikirimkan kembali ke Bio Farma di Kota Bandung sekitar pukul 03.45 WIB.

Direncanakan, pekan depan akan tiba 1,8 juta vaksin tambahan dari Sinovac. Saat ini jutaan dosis vaksin disimpan di Bio Farma seraya menanti izin pemakaian dari Badan POM RI, sebelum disuntikkan kepada masyarakat.



Simak Video "SAGO, Penasihat WHO yang Bertugas Temukan Asal Usul Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(yum/up)