Selasa, 08 Des 2020 11:33 WIB

Viral Dokter Mengazani Bayi Baru Lahir, Alasannya Bikin Mewek

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Viral dokter mengazankan bayi Foto: Instagram dr Sandy Prasetyo @drsandysandyprasetyo (Ditampilkan atas izin yang bersangkutan)
Jakarta -

Kelahiran anak adalah salah satu momen yang paling menggembirakan bagi orang tua. Rasa syukur tak akan berhenti diucapkan kepada Tuhan yang telah menganugerahkan hadiah yang sempurna.

Bagi yang beragama Islam, ayah menyambut hadirnya bayi yang baru lahir dengan mengazaninya. Namun tak semua ayah bisa mendapat kesempatan untuk mengazani bayi mereka.

Kisah dokter yang diberi amanah untuk mengazani dua orang bayi baru lahir viral di media sosial. Dalam posting-an yang diunggah oleh dr Sandy Prasetyo, SpOG, menampilkan foto dirinya tengah mengumandangkan azan untuk bayi yang ia bantu persalinannya.

"Permintaan khusus, amanah untuk mengadzankan dari 2 orang ayah, gak pernah terbayang saya akan di posisi ini," tulis dr Sandy.

Berdasarkan keterangan dr Sandy, ayah bayi di foto yang ia unggah pada Minggu (6/12/2020) meninggal karena infeksi virus Corona COVID-19. Sebelum meninggal, sang ayah menitip pesan agar dr Sandy mengazani bayi mereka setelah lahir.

dr Sandy bercerita, sebelum ayah dari bayi meninggal, ia rajin mendampingi istrinya melakukan kontrol rutin setiap bulan dan tak pernah lewat dari jadwal yang ditentukan. Namun, pada minggu ke 33 kehamilan, kontrol sempat tertunda karena pasangan tersebut terinfeksi COVID-19.

[Gambas:Instagram]



Setelah kehamilan minggu ke-36, pasien ingin lanjut kontrol tatap muka karena sudah dinyatakan negatif COVID-19. Namun, saat kontrol, pasien hanya datang sendiri, tak ditemani oleh pasangannya.

"Tiga hari kemudian pasien saya datang masuk ruang praktik ditemani sepupunya. Seperti biasa saya sapa antusias, 'Halo, Ibu, alhamdulillah ya udah sehat. Bapak mana, Bu?' sambil saya tengok ke arah pintu luar, nungguin suaminya masuk," kenang dr Sandy.

Tak lama, pasiennya menangis sesenggukan, tak bisa berbicara sepatah kata pun. Dokter Sandy lalu menanyai sepupu pasien yang saat itu menemaninya perihal suami pasien. Setelah mengetahui alasannya, dr Sandy terkejut bukan main.

"Kaget saya, tiga minggu sebelum lahiran ternyata suami meninggal karena COVID-19," lanjut dr Sandy.

Sebelum berpulang, suami pasien menitip pesan bahwa ia sangat berterima kasih kepada dr Sandy karena sudah sangat baik dan perhatian kepadanya dan sang istri.

"'Nanti titip adzanin ya dok,' ya Allah sedih banget saya. Saya bukan keluarga, cuma dokternya aja. Tapi saya ngerasain sedih banget waktu saya adzanin si cantik," cerita dr Sandy.

Hingga Selasa (8/12/2020) posting-an dr Sandy sudah mendapatkan lebih dari 27 ribu likes dan 1.068 komentar di Instagram. Warganet pun ikut terenyuh melihat posting-an dr Sandy.

"Innalillahi wa innailaihi rojiuun, turut berduka ya dok, ikut sedih bacanya. Semoga ibu tersebut diberi kekuatan oleh Allah dan putrinya menjadi anak sholehah agar bisa berkumpul di surga kelak," harap @adjengkartika.



Simak Video "Cara Tingkatkan Saturasi Oksigen Bagi Pasien Covid-19 yang Obesitas"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/fds)