Kamis, 10 Des 2020 13:32 WIB

Ustaz Yusuf Mansur Positif COVID-19, Berapa Lama Bisa Sembuh?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ustaz Yusuf Mansur Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom
Jakarta -

Baru-baru ini Ustaz Yusuf Mansur menyampaikan bahwa dirinya positif terinfeksi virus Corona COVID-19. Kabar ini disampaikannya melalui akun Instagram pribadinya pada Kamis (10/12/2020) pagi.

"Alhamdulillah segala puji bagi Allah. Saya dan Fadhil, sementara positif Covid-19," tulisnya.

"Nanti Allah kembalikan immun dan kesehatannya, dan kemudian swab lagi, negatif. Aaamiin," ucap Ustaz Yusuf Mansur.

Sebelum dikabarkan positif COVID-19, Ustaz Yusuf Mansur sempat dirawat di rumah sakit pada Agustus lalu akibat adanya penyumbatan darah di sekitar leher hingga kepala belakang. Ia dirawat di RS Khusus Bedah Halimun, Jakarta.

Setelah teridentifikasi positif COVID-19, berapa lama waktu yang diperlukan seseorang untuk bisa pulih dari virus Corona?

Masa pemulihan dari virus Corona itu bergantung pada seberapa parah infeksi yang dialami seseorang. Sebagian kelompok mungkin bisa sembuh dengan cepat, tapi tak jarang ada juga yang gejalanya justru bisa bertambah parah.

Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhinya, seperti usia, jenis kelamin, hingga penyakit komorbid yang diderita pasien COVID-19 tersebut. Lama waktu pemulihan juga bisa dipengaruhi tingkat keparahan gejala, apakah gejalanya ringan, sedang, atau berat.

Berdasarkan studi di Jepang, pasien yang tidak bergejala atau asimtomatik bisa pulih dalam waktu sembilan hari. Meski begitu, pasien tetap harus melakukan isolasi mandiri untuk mencegah terjadinya penularan virus tersebut pada orang lain.

Untuk pasien bergejala ringan, seperti demam, lelah, batuk kering, sakit dan nyeri, hidung tersumbat, pilek, sakit tenggorokan, atau diare memiliki waktu yang berbeda. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganalisis pasien COVID-19 China yang bergejala ringan dan mengatakan bisa pulih dalam waktu rata-rata 2 minggu.

Saat melakukan isolasi mandiri di rumah, diusahakan untuk meminimalisir kontak dengan anggota keluarga lainnya. Pastikan selalu mengecek suhu tubuh secara berkala dan menerapkan protokol kesehatan dengan baik seperti mencuci tangan serta menggunakan masker sepanjang waktu.



Simak Video "Gejala Virus Corona yang Dirasakan Yusuf Mansur"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)