Jumat, 11 Des 2020 05:56 WIB

Round Up

Fakta-fakta Penyakit Misterius yang Landa India di Tengah Pandemi

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Doctor work at the patients bedside in the ward Penyakit misterius di India (Foto: iStock)
Jakarta -

Ratusan orang di India dilaporkan terserang penyakit misterius. Mereka berakhir dirawat di rumah sakit, dan sebagian sudah cukup sehat sehingga bisa ke rumahnya.

Penyakit misterius ini terjadi saat India sedang memerangi pandemi COVID-19 dengan jumlah infeksi tertinggi kedua di dunia. Andhra Pradesh adalah salah satu negara bagian yang terkena dampak paling parah.

Berikut beberapa fakta terkait penyakit misterius ini yang telah dirangkum detikcom dari berbagai sumber.

1. Awal mula terdeteksi

Penyakit misterius ini pertama kali terdeteksi pada Sabtu malam di Eluru, Andhra Pradesh, India, yang menyebabkan pasien yang ditemukan mengalami gejala mual hingga kehilangan kesadaran. Berdasarkan laporan kantor berita Press Trust of India, satu pasien yang berusia 45 tahun dirawat di rumah sakit dengan menunjukkan gejala yang mirip epilepsi, mengeluh mual, dan meninggal dunia pada Minggu malam.

Dikutip dari CNN, pasien yang meninggal dunia disebut karena serangan jantung, para pejabat mengatakan kematian tersebut tampaknya tidak terkait dengan penyakit tak dikenal ini. Petugas kesehatan awalnya mencurigai adanya kontaminasi air karena semua pasien mengkonsumsi air yang sama. Tetapi, pejabat setempat mengesampingkan kemungkinan tersebut.

"Kami mengesampingkan pencemaran air atau polusi udara sebagai penyebabnya setelah petugas mengunjungi daerah-daerah di mana orang jatuh sakit," kata Menteri Kesehatan negara bagian Andhra Pradesh.

"Ini adalah penyakit misterius dan hanya analisis laboratorium yang akan mengungkapkan apa itu," jelasnya.

"Orang-orang yang jatuh sakit, terutama anak-anak, tiba-tiba mulai muntah setelah mengeluh matanya terbakar," kata seorang pejabat di Rumah Sakit Pemerintah Eluru mengatakan kepada surat kabar Indian Express.

"Beberapa dari mereka pingsan atau mengidap serangan jantung," tambah pejabat itu.

2. Gejala yang dialami

Adapun beberapa gejala yang dirasakan para pasien penyakit misterius tersebut. Gejalanya yakni:

  • Epilepsi, kejang
  • Kehilangan kesadaran
  • Mual dan muntah

Meskipun angka kasus COVID-19 di negara tersebut cukup tinggi, tetapi para pasien penyakit misterius tersebut dinyatakan negatif COVID-19. Berdasarkan tes darah yang dilakukan pun tidak menemukan adanya bukti infeksi virus lain seperti demam berdarah atau chikungunya.

"Setidaknya satu orang telah meninggal dan lebih dari 200 lainnya telah dirawat di rumah sakit karena penyakit misterius di negara bagian Andhra Pradesh, India selatan," menurut laporan setempat.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pfizer Tarik Permohonan Vaksin COVID-19 di India"
[Gambas:Video 20detik]