Jumat, 11 Des 2020 10:48 WIB

Telur Bebek Vs Telur Ayam, Mana yang Punya Nutrisi Lebih Baik?

Kanya Anindita - detikHealth
ilustrasi telur Perbandingan nutrisi telur ayam dan telur bebek. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Telur menjadi salah satu makanan yang banyak dikonsumsi karena mengandung protein bergizi untuk kesehatan. Kebanyakan orang mengonsumsi telur ayam, namun tak sedikit juga yang mengonsumsi telur bebek karena penasaran dengan rasa dan kandungan gizinya.

Secara penampilan, ukuran telur bebek sedikit lebih besar dibandingkan telur ayam. Selain itu, cangkang telur bebek juga lebih tebal dibandingkan telur ayam sehingga masa penyimpanan telur bebek bisa lebih lama daripada telur ayam.

Dikutip dari berbagai sumber, telur bebek mengandung jumlah nutrisi yang lebih banyak daripada telur ayam, seperti protein, lemak sehat, dan vitamin D. Telur bebek mengandung 13 gram protein, sedangkan telur ayam mengandung 12 gram protein.

Sementara untuk lemak telur bebek mengandung 14 gram lemak sehat, lebih tinggi dari telur ayam yang mengandung 12 gram lemak sehat. Kandungan vitamin D pada telur bebek juga lebih tinggi dibandingkan telur ayam, di mana telur bebek bisa memenuhi 17 persen kebutuhan harian vitamin D dan telur ayam memenuhi 12 persen vitamin D.

Kuning telur pada keduanya mengandung banyak vitamin dan mineral untuk memenuhi kebutuhan asam amino serta meningkatkan nilai protein dalam tubuh. Kuning telur bebek yang disebut karotenoid dapat melindungi sel dan DNA dari penyakit.

Kuning telur juga kaya akan kolin, nutrisi mirip vitamin yang penting untuk membran sel otak yang sehat dan sistem saraf.

Secara keseluruhan, mengonsumsi telur bebek maupun telur ayam sama-sama baik untuk kesehatan tubuh.



Simak Video "Manfaat Susu dan Telur untuk Tingkatkan Imunitas"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)