Selasa, 15 Des 2020 14:40 WIB

Viral Pria Buat Jari Palsu untuk Temannya, Kisahnya Bikin Haru

Zintan Prihatini - detikHealth
jari prostetik Foto: Tangkapan Layar Tik Tok/ditampilkan atas izin yang bersangkutan
Jakarta -

Viral di TikTok sekelompok pria yang membuatkan jari palsu atau jari prostetik untuk temannya yang kehilangan dua jari karena kecelakaan kerja. Kisah mengharukan itu diunggah akun @3dprint_project.

Video berdurasi sekitar 20 detik itu sudah ditonton lebih dari 1,5 juta kali, dan di like lebih dari 120 ribu pengguna.

"Ini SAHABAT aku, yang kemarin mengalami kecelakaan kerja. 2 ruas Jari Telunjuk sama Tengahnya terjepit mesin press," tulis akun @3dprint_project.

"Aku Anak Teknik, bukan Anak Ortotik Prostetik. AKU BERUSAHA SEBAIK MUNGKIN SOBAT," tulisnya lagi.

Dalam video yang diunggah pada Sabtu (12/12/2020), pemilik akun membagikan proses pembuatan jari palsu, dari awal hingga bisa digunakan. Saat dikonfirmasi detikcom, pria bernama Dani itu menjelaskan pembuatan jari prostetik memang diperuntukkan bagi salah satu teman yang jarinya diamputasi agar bisa kembali beraktivitas.

"Mungkin tahu saya basic nya orang desain atau perancangan mesin, terus minta bantuan untuk di editkan desain jari bionik yang ada di internet untuk dicetak pakai 3d printer temannya yang di kampung," jelas Dani.

Sebelum kejadian kecelakaan kerja yang dialami temannya, Dani dan empat kawannya yang sama-sama bekerja di bidang manufaktur sudah berniat mengembangkan kompetensi di bidangnya. Namun karena terkendala waktu, rencana tersebut jadi terhambat.

Pria asal Jawa Tengah itu mengatakan, proses pembuatan jari prostetik cukup cepat hanya saja karena keterbatasan waktu yang dimiliki membuat prosesnya lebih lama. Dibutuhkan waktu sekitar satu bulan untuk menyelesaikan jari palsu buatannya.

"Kita bisa cetakin by kirim design gitu, cuma kalo semisal nggak ada cetakannya atau nggak ada printernya itu nanti kalo semisal mau melakukan revisi, mau melakukan penyesuaian design itu lama," ujar Dani.

"Tak tawarin ayo gimana kalo semisal kita patungan aja kita beli mesin. Mesinnya murah kok, kita beli yang paling murah aja yang penting bisa buat support temen kita," tambahnya.

Mesin cetak 3D yang digunakan, ia beli bersama teman satu proyeknya dengan harga sekitar 3 jutaan. Meski beberapa design yang dibuat tidak sempurna, ia dan teman-temannya tetap mencoba membuat design yang pas dan nyaman digunakan.

Melalui video yang dibagikannya, ia ingin menginspirasi orang-orang melalui dukungan kepada temannya dengan berusaha membuatkan jari palsu. Viralnya unggahan pria 22 tahun itu, membuat perusahaan tempatnya bekerja melirik proyek jari prostetik tersebut dan menawarkan untuk memfasilitasi pengerjaan proyek selanjutnya.

Warganet pun turut membanjiri kolom komentar di akun TikTok miliknya.

"Wah keren, Indonesia butuh pemuda macam anda ini, dikembangkan terus bro, bisa membantu banyak orang kedepannya, salut..," tulis akun @paelori.



Simak Video "Keresahan Dokter Perihal Thermo Gun yang Ditembak di Tangan "
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)