Kamis, 17 Des 2020 06:10 WIB

Melahirkan dengan Forceps, Aman atau Berbahaya?

Farah Nabila - detikHealth
seorang wanita sedang kontraksi atau akan melahirkan Ilustrasi melahirkan (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Pada saat proses melahirkan, ada kemungkinan bayi tidak bisa keluar melalui organ vital. Biasanya dokter akan mencari alternatif, seperti melakukan persalinan dengan menggunakan forceps atau besi berbentuk penjepit.

Pada tahun 2014 lalu, seorang bayi bernama Olivia Marie Coats dilahirkan dengan persalinan forceps. Sayangnya, Olivia meninggal dunia setelah lima hari dirawat karena tengkoraknya retak.

Dikutip dari HaiBunda, sebelum proses persalinan, ibu Olivia, Rachel Melancon, meminta dokter untuk melahirkan bayinya dengan proses operasi caesar karena ukuran janinnya besar. Namun, dokter mengatakan bahwa Melancon tidak perlu melakukan operasi caesar.

Sesaat sebelum melahirkan, Melancon sempat mengalami demam 39 derajat celcius. Saat persalinan, dia mulai lelah dan bayinya tidak juga berada di jalan lahir. Tak hanya itu, detak jantung bayi juga terus naik.

Dokter yang menangani Melancon mengatakan bahwa bayinya berada dalam posisi yang salah. Kemudian dokter mencoba memperbaiki posisi bayi dengan tangannya, namun tak berhasil.

"Ketika dia tidak berhasil melakukan itu, dia mengambil alat forceps untuk menarik bayi keluar. Ia terus melakukannya bahkan sampai meletakkan kaki di atas kasur untuk menariknya keluar," kata ibu mertua Melancon, Angie Coats.

"Dia berbalik dan memutar tapi bayi itu tak kunjung keluar. Dia lalu meletakkan forceps di sisi lain dan ketika menyentuh bagian atas dan samping tengkorak, kami mendengar suara seperti pot retak. Kami mendengar bahwa tengkoraknya hancur," sambungnya.

Akhirnya Olivia Marie Coats lahir melalui proses operasi caesar darurat. Namun, semua sudah terlambat karena nyawanya tidak bisa diselamatkan beberapa hari setelah dilahirkan. Tulang tengkorak Olivia dilaporkan mengalami retak.

Kisah kelahiran Olivia ini sempat mengejutkan publik. Teknik melahirkan forceps memang bisa dilakukan untuk mengeluarkan bayi saat dilahirkan.

Lalu seperti apa teknik persalinan forceps dan risiko yang bisa ditimbulkan pada ibu dan janin?

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Begini Prosedur Persalinan di Tengah Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)