Kamis, 17 Des 2020 06:18 WIB

Berencana Menikah? Ini Pemeriksaan Kesehatan yang Perlu Dilakukan

Kanya Anindita - detikHealth
ilustrasi menikah Premarital check up (Foto: iStock)
Jakarta -

Bagi pasutri yang ingin melakukan program hamil, persiapan medis dapat dilakukan bahkan sebelum menikah. Hal ini juga dapat dilakukan supaya kelak memiliki anak-anak yang sehat.

"Salah satu persiapan medis yang terpenting adalah melakukan screening pra nikah," ungkap Konsultan Perinatologi Prof. Dr. dr Rinawati Rohsiswatmo, Sp.A(K), dikutip dari HaiBunda.

Beliau juga menambahkan, pemeriksaan kesehatan pra nikah atau yang disebut pre martial check up adalah tindakan pencegahan masalah kesehatan pada diri sendiri, pasangan, maupun keturunan kita nanti. Namun, pre martial check up ini masih asing bagi sebagian besar masyarakat Indonesia.

Pemeriksaan kesehatan pra nikah memiliki banyak manfaat, salah satunya mencegah berbagai macam penyakit pada calon bayi. Dari pemeriksaan ini akan diketahui beberapa masalah kesehatan seperti anemia, carrier thalassemia, kekurangan vitamin D, dan malnutrisi lainnya.

Perlu diketahui , anak yang terlahir dari ibu dengan malnutrisi, kekurangan vitamin D, dan mengidap anemia, berisiko terkena masalah kesehatan yang lebih besar. Jika orang tua memiliki penyakit carrier thalassemia, maka kemungkinan bayi bisa terkena carrier thalassemia juga.

Dokter Rinawati menjelaskan lima tahapan pre martial check up, yaitu:

1. Pemeriksaan fisis dan laboratorium sederhana

Sebelum menikah, ada baiknya calon pengantin melakukan pemeriksaan fisis secara lengkap. Biasanya, pemeriksaan yang dilakukan mengenai tekanan darah dan gula darah.

Apa tahapan pre martial check up berikutnya?

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Resepsi Pernikahan Berujung Klaster Corona di AS"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)