Kamis, 17 Des 2020 12:42 WIB

Positif Corona, Ustaz Yusuf Mansur Ceritakan Perjuangannya Lawan COVID-19

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Ustaz Yusuf Mansur saat menjalani syuting Blak-blakan di kantor detikcom Ustaz Yusuf Mansur. (Foto: Tripa Ramadhan)
Jakarta -

Ustaz Yusuf Mansur membagikan pengalamannya dalam berjuang melawan infeksi COVID-19. Kini ia masih menjalani perawatan di rumah sakit usai dinyatakan positif Corona pada Kamis (10/12/2020) lalu.

Lewat akun Instagram pribadinya, Ustaz Yusuf Mansur bercerita bahwa kondisinya kini sudah berangsur membaik. Hanya saja, ia masih kesulitan bernapas dan kondisi tubuhnya masih lemah.

"Saya masih belum bisa napas panjang dan belum bisa napas dalam. Namun bahagia, penuh syukur, anteng, kalem, adem, yakin, sangat semangat," tulis Ustaz Yusuf Mansur di akun @yusufmansurnew, Rabu (16/12/2020).

Ustaz Yusuf Mansur mengatakan, ia mengalami kondisi lemas apalagi jika ditambah batuk. Bahkan, untuk bernapas saja perlu diatur dan dilatih.

"Saya ngalamin di mana kata orang, kalau kena COVID-19, baterai kayak tinggal 10 persen. Apalagi bila disertai batuk, meski sering-seringnya batuk. Sebab paru-paru dan organ pendukung nggak normal, itu bisa terasa sangat sakit," jelasnya.

Ustaz Yusuf Mansur pun mengaku kesulitan dalam mengamalkan bacaan Al-Qur'an yang kerap ia lakukan tatkala sehat. Pasalnya, untuk membaca satu atau dua ayat pun masih terbata-bata karena kesulitan bernapas.

"Saya ngaji, yang senangnya dengan tilawah, murattal, ini harus terbata-bata. Pelan-pelan. Sekata-sekata. Disertai ambil napas agak teratur. Baca seayat saja bisa capeknya minta ampun," ujarnya.

Selain itu, Ustaz Yusuf Mansur juga bercerita ia mengalami kesulitan saat menelungkupkan badan. Lagi-lagi, ini karena ia merasa kesulitan bernapas.

"Dua kali belajar tengkurep. Tengkurep loh. Tengkurep doang. Tapi tersengal napas dan batuk ringan, tapi terasa di dada bawah dan perut atas, bisa sampai 1 jam habis itu, dengan tengkurep yang bisa dihitung jari lamanya," ucapnya.

Ustaz Yusuf Mansur pun mengatakan, tujuan ia bercerita seperti ini agar masyarakat bisa lebih menjaga kesehatan dan mematuhi protokol pencegahan COVID-19.

"Jangan sampai kawan-kawan nganggep enteng. Jaga diri. Patuhi bener protokol kesehatan. Maskeran terus, hindari kerumunan. Cuci tangan, jaga jarak, hidup sehat. Dan banyak bersyukur, banyak bertaubat," tuturnya.

[Gambas:Instagram]



Simak Video "Gejala Virus Corona yang Dirasakan Yusuf Mansur"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/kna)