Jumat, 18 Des 2020 07:20 WIB

7 'Antibiotik' Alami yang Bisa Atasi Anak Sakit

Farah Nabila - detikHealth
Newborn cold. Mother holding thermometer and touching forehead of her sick baby, measuring temperature, panorama Anak sakit tidak selalu harus diberi antibiotik (Foto: iStock)
Jakarta -

Sistem kekebalan tubuh anak-anak lebih rendah dibandingkan dengan orang dewasa sehingga mereka rentan terkena penyakit. Apabila si kecil sakit, mungkin para ibu sulit mengetahui apakah anak membutuhkan antibiotik atau tidak.

Biasanya saat kondisi anak sakit, para orang tua akan membawanya ke dokter dan mungkin akan diresepkan antibiotik. Namun pemberian antibiotik secara tidak tepat bisa berdampak buruk bagi pasien.

Pada penyakit-penyakit yang disebabkan oleh virus seperti flu, pemberian antibiotik justru membuat anak rentan terhadap masalah kesehatan dan bisa melemahkan sistem kekebalan tubuhnya.

Dikutip dari HaiBunda, meski antibiotik sangat membantu dan penting untuk mengatasi beberapa kasus, tetapi tidak dalam kasus pilek dan flu. Penyakit ini bisa saja diakibatkan oleh virus dan bakteri. Keduanya mungkin memiliki gejala yang sama tapi cara berkembang biak dan menyebarkan penyakitnya berbeda.

Bakteri

Terdapat banyak bakteri yang ada di tubuh, ada yang berfungsi membantu menjaga kesehatan, ada pula yang justru menghalangi fungsi normal tubuh. Jika mengonsumsi antibiotik, justru akan membunuh bakteri dan menghentikannya bereproduksi di dalam tubuh.

Virus

Sistem kekebalan tubuh sebenarnya dapat melawan virus bahkan sebelum menyebabkan penyakit, namun beberapa orang mungkin membutuhkan waktu tertentu untuk mengatasi penyakit yang disebabkan virus seperti flu. Sedangkan, antibiotik tidak bisa mengatasi virus.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI



Simak Video "Makan Es Krim Bikin Anak Batuk dan Flu? Begini Faktanya!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)