ADVERTISEMENT

Jumat, 18 Des 2020 12:57 WIB

Kata Dokter soal Pentingnya Cegah Thalassemia Lewat Skrining Pranikah

Thalitha Yuristiana - detikHealth
Blood sample positive with alpha-thalassemia Foto: iStock
Jakarta -

Salah satu penyakit genetik yang kerap ditemukan di Indonesia adalah thalassemia. Dokter spesialis anak dan konsultan hematologi anak Prof Dr dr Pustika Amalia Wahidiyat menjelaskan penyakit ini merupakan penyakit turunan dari orang tua pembawa gen thalassemia kepada anak-anaknya.

Menurutnya, thalassemia merupakan kelainan sel darah merah akibat abnormalitas genetik. Hemoglobin tidak terbentuk sempurna dalam kondisi ini sehingga sel darah merah mudah pecah dan mengakibatkan anak rentan mengalami anemia.

Penyakit ini dapat dibedakan menjadi minor dan mayor. Pada thalassemia minor, seseorang biasanya tak bergejala namun bisa menurunkan gen thalasemia kepada anaknya. Sedangkan thalassemia mayor lebih serius dan senantiasa memerlukan donor darah tiap bulannya.

Sayangnya, penyakit ini belum ada obat dan tidak bisa menggunakan vaksin untuk mencegah penyakit ini. "Vaksin tidak bisa digunakan karena vaksin biasanya digunakan untuk menyakit menular. Berbeda dengan thalassemia yang merupakan penyakit genetik," jelas Lia.

Namun, penyakit ini dapat dicegah dengan screening hemoglobin sebelum menikah atau pada usia produktif. Lia juga menjelaskan pentingnya untuk menjelaskan kepada pasangan yang memiliki riwayat penyakit thalassemia untuk memberikan pemahaman terkait penyakit ini.


"Salah satu cara mencegahnya adalah memberi pengetahuan kepada orang yang menikah dan mempunyai gen thalassemia. Mereka berisiko memiliki anak dengan thalassemia yang memerlukan transfusi darah seumur hidup atau bahkan tidak memiliki anak sama sekali," tuturnya dalam webinar HaiBunda berjudul 'Pentingnya Screening Pranikah Thalassemia untuk Mendapatkan Anak Unggul'.

Simak dan nantikan juga soal penyebab dan cara mencegah kanker serviks di webinar HaiBunda, KLIK DI SINI.



Simak Video "Cegah Thalassemia Lewat Deteksi Sedini Mungkin"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT