Sabtu, 19 Des 2020 15:03 WIB

Nirina Zubir Positif Corona, 5 Makanan Ini Lebih Baik Dihindari Saat Terinfeksi

Thalitha Yuristiana - detikHealth
Nirina Zubir saat ditemui di kawasan Kebon Jeruk. Nirina Zubir positif Corona. (Foto: Palevi S/detikFoto)
Jakarta -

Virus Corona menjangkiti siapapun baik masyarakat maupun publik figur. Baru baru ini, artis Nirina Zubir dan suaminya, Ernest Fardiyan mengumumkan terpapar COVID-19.

Hal tersebut diketahui lewat unggahan Nirina di akun instagramnya. Tak hanya Nirina, Pevita Pearce juga terkena virus Corona meskipun ia merasa sehat dan rajin berolahraga.

Selama masa pemulihan, ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh pasien mulai dari istirahat yang cukup, terhidrasi dengan baik, dan mengonsumsi makanan sehat.

The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan ketika terkena COVID-19, pasien harus mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C, vitamin D, mineral, dan zinc.

Kandungan nutrisi tersebut dapat membantu pasien untuk sembuh lebih cepat. Selain itu, pasien COVID-19 juga harus menghindari makanan tertentu dapat menghambat pemulihan.

Dikutip dari Eat This, berikut lima makanan yang sebaiknya dihindari pasien COVID-19.

1. Makanan kemasan

Pada makanan dalam kemasan terdapat natrium, pengawet, aditif, dan tambahan gula yang membuat seseorang mengalami peradangan. Ahli diet, Sydney Greene, menjelaskan bahwa ketika tubuh mengalami peradangan, sistem kekebalan akan menurun. Hal ini menyebabkan seseorang lebih rentan terkena penyakit. Untuk itu, hindari makan dalam kemasan yang mengandum natrium dan zat aditif tinggi, contohnya keripik kentang ataupun makanan kemasan lainnya.

2. Terlalu banyak daging merah

Daging merah merupakan sumber protein berkualitas tinggi. Namun, ada baiknya makanan ini dibatasi karena dapat memperlambat pemulihan COVID-19. Pasalnya, daging merah memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi. Kandungan tersebut dapat meningkatkan peradangan.

Ahli menyarankan pasien COVID-19 untuk menghindari konsumsi daging merah secara berlebihan. Ganti asupan lemak dari daging dengan mengonsumsi lemak nabati seperti alpukat, minyak zaitun, kacang-kacangan, dan salmon.

3. Makanan yang digoreng

Ahli sarankan untuk menghindari konsumsi makanan yang digoreng saat kamu berada dalam masa pemulihan COVID-19. Faktanya, makanan yang digoreng memilih berbagai efek negatif mulai dari risiko penyakit jantung, diabetes, obesitas dan lain-lain. Makanan ini memiliki kandungan lemak yang tinggi dan berisiko merusak sistem kekebalan tubuh jika dikonsumsi berlebihan.

"Saat digoreng, makanan menjadi lebih padat secara kalori, karena bagian luar makanan kehilangan air dan menyerap lemak (atau) minyak," jelas ahli diet Ashley Kitchens.

Makanan apalagi yang tak disarankan dikonsumsi pasien Corona? Simak di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "ASI Bisa Bantu Transfer Antibodi COVID-19 ke Anak"
[Gambas:Video 20detik]