Rabu, 23 Des 2020 15:30 WIB

RSD Wisma Atlet Dikabarkan Hampir Penuh, Ini Faktanya

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Perkembangan jumlah pasien yang dinyatakan positif Corona di RSD Wisma Atlet per hari ini, Kamis (17/9) mencatatkan rekor sebanyak 1.066 pasien. RSD Wisma Atlet disebut mulai tidak menerima pasien Corona tanpa gejala karena kapasitasnya hampir penuh. (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat dikabarkan tak lagi menerima pasien Corona tanpa gejala. Pasalnya, tingkat keterisian pasien di rumah sakit tersebut sudah mencapai 70 persen.

Koordinator di RSD Wisma Atlet, Mayjen TNI Dr dr Tugas Ratmono, SpS, MARS, pun mengakui bahwa saat ini hanya ada satu tower saja, yakni tower 5 yang sediakan untuk menerima pasien Corona tanpa gejala di RSD Wisma Atlet Kemayoran.

Meski begitu, dr Tugas mengatakan, masih ada satu tower lagi yang dapat menerima perawatan pasien Corona tanpa gejala, yakni di tower 8 Wisma Atlet di Pademangan.

"Akhirnya kita bergantian dengan tower 8 yang di Pademangan. Di sana kalau tower 8 sudah meningkat maka disetop, kemudian kami mengisi lagi (di tower 5). Meningkat lagi di tower 5, kita setop. Masuk lagi ke tower 8," kata dr Tugas dalam konferensi pers BNPB melalui kanal YouTube Rabu (23/12/2020).

"Dan juga ke tempat-tempat isolasi OTG yang ada di DKI Jakarta. Jadi ini adalah suatu koordinasi yang saya kira sangat bagus, artinya, bukan betul-betul tidak terima sama sekali, tapi ini hanya bergiliran," tambahnya.

Dijelaskan dr Tugas, saat ini tingkat keterisian pasien Corona tanpa gejala di tower 5 RSD Wisma Atlet Kemayoran sudah mencapai 69,87 persen. Artinya, masih ada sekitar 400 tempat tidur untuk menampung pasien.

"Ini kita terus pantau dengan tower 8, sehingga tower OTG ini betul-betul optimal dalam memberikan pelayanan kepada pasien," jelasnya.

Menurut dr Tugas, kebijakan ini dilakukan agar para tenaga kesehatan di RSD Wisma Atlet tidak mengalami kelelahan akibat merawat banyak pasien Corona secara sekaligus.

"Karena dengan meningkatnya sampai 80 persen pasti akan memberikan volume pekerjaan yang tinggi, kelelahan, dan stres yang sangat tinggi," tuturnya.



Simak Video "RSDC Wisma Atlet Kini Difokuskan Bagi Pasien Bergejala"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/kna)