Rabu, 23 Des 2020 19:00 WIB

Ketahuan Hadiri Pertemuan Keluarga, Pejabat Satgas COVID-19 AS Mundur

Firdaus Anwar - detikHealth
Makan Bersama Seorang pejabat Satgas COVID-19 di Amerika Serikat mengundurkan diri usai melakukan pertemuan keluarga. (Foto ilustrasi: Shutterstock)
Jakarta -

Salah satu pejabat Satgas Penanganan COVID-19 di Amerika Serikat, Dr Deborah Brix, mengumumkan pengunduran dirinya. Wanita yang dikenal sebagai peneliti HIV-AIDS tersebut mendapat kritikan setelah ketahuan melanggar protokol kesehatan COVID-19 yang sering dipromosikannya sendiri.

Deborah sebelumnya kerap mengimbau masyarakat agar membatasi rencana liburan. Ia menyebut penularan COVID-19 meluas karena orang-orang memilih bepergian atau melakukan pertemuan keluarga saat libur.

Belakangan terungkap Deborah pada hari Minggu (20/12/2020), bepergian dari Washington ke Delaware menghadiri pertemuan keluarga. Deborah beralasan ia sebetulnya hanya melakukan perjalanan bisnis, lalu ada kesempatan untuk makan bersama keluarga besarnya.

"Anak saya sudah 10 bulan tidak keluar rumah, dan orang tua saya juga sudah terisolasi selama 10 bulan. Mereka sangat depresi dan saya yakin ini dialami oleh semua lansia yang kangen tidak bisa bertemu dengan anak dan cucunya," kata Deborah menjelaskan seperti dikutip dari BBC, Rabu (23/12/2020).

Pada akhirnya kritikan luas memaksa Deborah untuk mengundurkan diri. Ia mengaku ini jadi pengalaman yang pahit untuk keluarga.

"Ini suatu pengalaman yang sulit... Keluarga saya begitu terpukul," pungkas Deborah.



Simak Video "WHO Tak Henti Keluarkan Peringatan soal Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/kna)