Sabtu, 26 Des 2020 15:00 WIB

10 Negara Ini Sudah Laporkan Varian Baru Corona dari Inggris, Mana saja?

Ayunda Septiani - detikHealth
Apakah Mutasi Virus Corona Akan Mengubahnya Jadi Jinak? Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: DW (News))
Jakarta -

Belakangan ini diketahui bahwa varian baru virus Corona dari Inggris telah menyebar ke sejumlah negara. Jenis baru virus Corona ini diketahui lebih berbahaya dan menjadi penyebab lonjakan kasus COVID-19 di Inggris.

Jenis varian baru virus Corona ini diberi nama 'VUI - 202012/01' karena varian pertama yang diselidiki pada bulan Desember. Matt Hancock, Menteri Kesehatan Inggris menyebutkan bahwa varian baru virus Corona ini tumbuh lebih cepat dari varian sebelumnya.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut beberapa negara yang melaporkan varian baru Corona yang ditemukan di Inggris.

1. Denmark

Dilansir dari laman Sky News, Technical Lead COVID-19 di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Maria Van Kerkhove mengonfirmasi varian baru virus Corona yang teridentifikasi di Inggris juga telah ditemukan di beberapa negara lainnya.

Dia mengatakan, sembilan kasus positif COVID-19 di Denmark teridentifikasi disebabkan oleh varian baru tersebut.

2. Belanda

Kerkhove menambahkan, beberapa kasus yang disebabkan oleh varian baru itu juga telah ditemukan di Belanda pada Minggu (20/12/2020) lalu.

Pemerintah Belanda telah mengambil sampel kasus virus Corona pada awal bulan ini, dan menemukan bukti varian baru.

3. Jerman

Jerman mengkonfirmasi kasus pertama varian baru virus corona COVID-19 yang berasal dari Inggris pada Kamis (24/12) lalu. Kasus ditemukan dari seorang perempuan yang datang dari London.

"Ini adalah kasus pertama yang diketahui di Jerman. Hari ini varian virus B.1.1.7 terdeteksi di sana," mengutip pernyataan Kementerian Kesehatan negara bagian Baden-Wurttemberg .

4. Afrika Selatan

Di Afrika Selatan, strain yang tampaknya sangat mirip dengan yang berasal dari Inggris telah ditemukan. Tetapi, para ahli di negara itu masih belum yakin apakah itu merupakan strain yang sama.

5. Lebanon

Lebanon telah mendeteksi adanya kasus pertama akibat varian baru Corona Inggris yang telah menyebar dengan cepat ke beberapa negara di dunia. Kasus ini terdeteksi dalam penerbangan yang tiba dari London, Inggris.

"Kami mendeteksi kasus pertama varian baru Corona pada penerbangan Middle East Airlines 202, yang datang dari London pada 21 Desember 2020," kata menteri kesehatan di negara tersebut melalui Twitter, dikutip dari laman Reuters.

6. Italia

Varian baru Corona dari Inggris telah tersebar ke Italia. Hal ini terbukti dari adanya pasien yang terkena varian baru virus Corona ini.

"Italia telah mendeteksi seorang pasien yang terinfeksi jenis baru virus corona yang juga ditemukan di Inggris," kata kementerian kesehatan dikutip dari Reuters.

Pasien tersebut baru kembali dari Inggris beberapa hari terakhir. Ia mendarat di bandara Fiumicino Roma dan saat ini tengah menjalani isolasi.

7. Australia

Negara Kangguru ini juga terkena dampak penyebaran varian baru virus Corona. Dua pelancong dari Inggris yang terbang ke negara bagian South Wales, Australia, ditemukan 'membawa' varian virus tersebut.

Saat ini, kedua pelancong tersebut sedang menjalani karantina. Pihak kesehatan setempat juga menyatakan bahwa kasus ini tidak ada kaitannya dengan lonjakan kasus COVID-19 yang terjadi di Sydney.

8. Singapura

Singapura mengkonfirmasi kasus pertama COVID-19 dari mutasi tersebut pada Rabu malam (23/12/2020) lalu.

Dikutip dari laman Channel News Asia, varian baru virus Corona tersebut datang dari seorang pelajar berusia 17 tahun. Dia telah belajar di Inggris sejak Agustus lalu.

"Siswa itu mengalami demam pada 7 Desember, dan dipastikan terinfeksi COVID-19 pada 8 Desember," kata Departemen Kesehatan Singapura.

9. Irlandia Utara

Irlandia Utara pada Rabu (23/12/2020) lalu, telah mengkonfirmasi adanya varian baru virus Corona.

Departemen Kesehatan, Irlandia Utara dalam sebuah pernyataan mengatakan, varian baru COVID-19 itu kemungkinan besar telah ada di Irlandia Utara untuk jangka waktu tertentu.

"Konfirmasi tersebut menggarisbawahi perlunya setiap orang untuk melipatgandakan upaya kami menghentikan penyebaran virus," kata Menteri Kesehatan Robin Swann dikutip dari laman health-ni.gov.uk.

10. Prancis

Prancis umumkan kasus pertama varian baru Corona Inggris. Seorang pria di Prancis dinyatakan positif varian baru Corona, kata Kementerian Kesehatan dalam sebuah pernyataan, Jumat kemarin.

Dilansir dari laman Reuters, pria tersebut baru saja tiba di Prancis usai melakukan perjalanan dari Inggris.

Kementerian mengatakan bahwa kasus yang pertama di Prancis ditemukan di kota Tours. Pria yang ini tiba dari London pada 19 Desember, dan dia saat ini mengisolasi diri dan merasa baik-baik saja, tambah kementerian itu.



Simak Video "Pakar Ingatkan Kemungkinan Varian Covid-19 Baru Lahir di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/kna)