Minggu, 27 Des 2020 13:07 WIB

Resolusi Berat Badan Ideal 2021, Yuk Coba Diet Sehat Berikut Ini

Faidah Umu Safuroh - detikHealth
Diet sehat Foto: shutterstock
Jakarta -

Setiap tahun pasti ada resolusi atau harapan yang ingin kamu capai. Memiliki berat badan ideal atau mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, misalnya, akan jadi resolusi yang baik untukmu menyambut Tahun Baru 2021.

Ada banyak cara untuk mewujudkan resolusimu memiliki berat badan ideal. Bisa dimulai dengan berolahraga secara teratur hingga menajga pola makan dengan diet yang sehat. Namun, tak banyak orang yang tau bagaimana cara melakukan diet yang sehat.

Nah, melansir Healthline dan beberapa sumber lainnya, berikut akan detikHealth paparkan cara berdiet bagi kamu yang ingin mencoba diet sehat.

Buat Jadwal Makan

Diet bukan berarti tidak makan sama sekali. Diet sehat bisa dimulai dengan mengatur pola makan menjadi lebih tertata. Buatlah jadwal makan setiap hari, berikan pengingat di ponselmu agar kamu tidak lupa. Kamu juga bisa sekaligus mengatur makanan yang yang akan kamu makan di pagi, siang dan malam hari. Usahakan jangan buat jadwal makan malam lebih dari jam tujuh, ya.

Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Banyak orang yang berpikir, diet tak perlu makan nasi. Padahal nasi juga merupakan sumber pangan penting bagi tubuh karena mengandung karbohidrat. Hanya saja, kamu bisa menggantinya dengan sumber karbohidrat lainnya seperti gandum atau jagung.

Kamu juga masih boleh mengonsumsi makanan berlemak, tapi pilihlah lemak tak jenuh seperti alpukat, zaitun, ikan berlemak, dan kacang-kacangan. Selain itu, lengkapi dengan buah dan sayur untuk asupan protein dan vitamin.

Coba Diet Gaya Mediterania

Diet gaya Mediterania sangat cocok diaplikasikan kepada orang-orang yang ingin menurunkan kadar kolesterol. Makanan Mediterania kaya akan minyak zaitun, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan.

Penelitian telah menunjukkan orang yang mengikuti diet gaya Mediterania selama setidaknya tiga bulan dapat mengurangi kolesterol LDL rata-rata 8,9 mg per desiliter (dL). Diet gaya Mediterania juga bisa mengurangi risiko penyakit jantung hingga 52% dan risiko kematian hingga 47% bila dilakukan setidaknya selama empat tahun.

Kolesterol dan lemak dalam tubuh memang kerap menjadi alasan berat badan menjadi tidak ideal. Oleh karena itu perlu mengatur kadar kolesterol dengan cara-cara di atas. Selain itu, imbangi juga dengan olahraga secara terartur. Dengan kadar kolesterol yang normal, tak hanya berat badan ideal yang akan didapatkan tapi juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

Menurunkan kadar kolesterol tak hanya bisa dilakukan dengan cara di atas. Kamu juga bisa mengontrol kadar kolesterol jahat dengan minum Nestlé ACTICOR dua kali sehari setelah makan. Bagi yang suka minuman dingin, Nestlé ACTICOR juga bisa dikonsumsi dengan dikombinasikan bersama es batu atau diminum dalam kondisi dingin.

Nestlé ACTICOR merupakan minuman susu rendah lemak yang mengandung Beta Glucan yang berasal dari oats dan Inulin yang berasal dari akar Chicory. Kandungan Beta Glucan dan Inulin teruji klinis mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang merupakan faktor risiko penyakit jantung koroner.

Nestlé ACTICOR juga terbuat dari bahan alami dan rasanya pun sangat enak. Ada 4 varian rasa, antara lain avocado, chocolate, green-tea latte, dan banana. Nestlé ACTICOR baik dikonsumsi oleh orang dewasa yang peduli akan kesehatan tubuh.

Nestlé ACTICOR, Cara Alami Turunkan Kolesterol.

(akn/ega)