Minggu, 27 Des 2020 13:30 WIB

Daftar Negara yang Mulai Vaksinasi COVID-19 Tahun Ini

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Cardinal Blase Cupich, archbishop of Chicago, blesses medical workers Wednesday, Dec. 23, 2020, after receiving the first of the two Pfizer-BioNTech COVID-19 vaccinations at Saint Anthony Hospital in Chicago. (AP Photo/Charles Rex Arbogast) Foto: AP/Charles Rex Arbogast
Jakarta -

Vaksin Corona yang tengah dikembangkan mendapat izin penggunaan darurat sejumlah negara. Inggris, menjadi negara pertama yang melakukan vaksinasi COVID-19 pada warganya.

Menyusul Amerika Serikat, yang juga menggunakan vaksin Corona Pfizer dalam izin emergency use authorization (EUA). Selain keduanya, beberapa negara lain juga ikut melakukan vaksinasi COVID-19 tahun ini.

Berikut negara-negara yang sudah mulai vaksinasi COVID-19 tahun ini, dikutip dari Al Jazeera.

Inggris

Seorang nenek berusia 90 tahun menjadi yang pertama menerima vaksin Corona Pfizer. Vaksinasi COVID-19 di Inggris dimulai pada 8 Desember.

Namun, tak lama usai program vaksinasi berlangsung, lockdown ketat kembali diterapkan karena berkaitan dengan temuan jenis Corona baru yang disebut-sebut lebih menular dan memicu lonjakan kasus.

Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab juga sudah menyuntikan vaksin Corona pada warganya di ibu kota UEA, Abu Dhabi, 14 Desember kemarin. Adapun vaksin-vaksin Corona yang mendapat izin darurat adalah Pfizer-BioNTech, dan vaksin Corona buatan China Sinopharm.

Amerika Serikat

Pada hari yang sama, Amerika Serikat juga mulai memberikan vaksin Corona Pfizer kepada kelompok prioritas. Perawat ICU di New York City, Sandra Lindsay, menjadi warga Amerika pertama yang menerima vaksin Corona di sana.

Pfizer-BioNTech telah diberikan kepada lebih dari satu juta orang sejak program vaksinasi COVID-19 dimulai bahkan saat otoritas AS telah menyetujui EUA vaksin Corona kedua yang dikembangkan Moderna.

Kanada

Pasien COVID-19 pertama yang menerima vaksin Corona di Kanada berusia 89 tahun. Wanita ini menerima vaksin COVID-19 Pfizer pada 14 Desember.

Negara Amerika Utara itu, bersama dengan tetangganya AS, juga telah menyetujui vaksin Corona Moderna untuk program imunisasi massal.

Israel

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menerima suntikan vaksin Corona pada 19 Desember, yang akan diluncurkan secara nasional.

Netanyahu, 71, dan menteri kesehatannya disuntik dengan vaksin Corona Pfizer-BioNTech ditonton secara live di TV di Sheba Medical Center di Ramat Gan, dekat Tel Aviv.

Qatar

Qatar meluncurkan kampanye vaksinasi COVID-19 gratis setelah gelombang pertama vaksin Corona Pfizer-BioNTech tiba di negara tersebut pada 22 Desember.

Vaksin akan diberikan dalam dua dosis, dengan jarak tiga minggu di tujuh pusat kesehatan utama di seluruh negeri.Qatar juga telah menandatangani kesepakatan untuk memperoleh vaksin Corona Moderna dan Oxford-AstraZeneca.

Selain Qatar, masih ada beberapa negara lainnya yang juga memulai vaksinasi COVID-19 tahun ini. Simak di halaman selanjutnya untuk tahu negara mana saja.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3