Senin, 28 Des 2020 11:09 WIB

CEO AstraZeneca Klaim Vaksinnya Efektif Terhadap Varian Baru Corona Inggris

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Vaksin COVID-19 AstraZeneca Menunjukkan Efektifitas hingga 90% Vaksin AstraZeneca diklaim efektif terhadap varian baru Corona dari Inggris. (Foto ilustrasi: DW (News))
Jakarta -

Pada Minggu (27/12/2020), sebagian peneliti yakin bahwa vaksin AstraZeneca efektif untuk melawan varian baru Corona Inggris yang telah menyebar ke beberapa negara di dunia.

CEO AstraZeneca Pascal Soriot juga mengklaim vaksin COVID-19 yang tengah dikembangkannya itu bisa efektif terhadap varian baru Corona yang terdeteksi di Inggris. Ia mengatakan tim penelitinya telah menemukan 'formula unggulan' yang membuat vaksin tersebut efektif seperti vaksin-vaksin lainnya.

Namun, sejumlah pihak masih mengkhawatirkan vaksin AstraZeneca ini mungkin tidak lebih efektif dibandingkan vaksin buatan Pfizer-BioNTech, yang sudah lebih dulu didistribusikan ke beberapa negara.

Hasil parsial menunjukkan bahwa vaksin COVID-19 AstraZeneca ini hanya efektif 70 persen dalam mencegah seseorang terinfeksi COVID-19. Ini lebih rendah jika dibandingkan dengan vaksin Pfizer yang efektivitasnya mencapai 95 persen.

"Kami pikir kami telah menemukan formula unggulan untuk mencapai efektivitas setelah dua dosis (vaksin) diberikan, sesuai dengan (vaksin) yang lainnya," kata Soriot yang dikutip dari Channel News Asia, Senin (28/12/2020).

"Saya tidak bisa memberitahu Anda lebih banyak lagi, karena kami akan merilisnya nanti," lanjutnya.

Saat ditanya mengenai tingkat efektivitasnya terhadap varian baru Corona Inggris, Soriot mengatakan vaksin yang dikembangkannya tetap efektif meski belum bisa dipastikan.

"Sejauh ini, kami pikir vaksin ini tetap efektif, meski kami belum bisa memastikannya. Kami perlu mengujinya lebih lanjut," ujar Soriot.



Simak Video "Apakah Tubuh Jadi Kebal COVID-19 Setelah Divaksin? "
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)