Rabu, 30 Des 2020 19:02 WIB

Suntik Vitamin C dan Vaksin Influenza Bisa Cegah Corona? Ini Kata Pakar

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
The doctor prepares the syringe with the cure for vaccination. Kata pakar soal influenza bisa tangkal Corona. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Vaksin Corona sampai saat ini masih belum bisa tersedia untuk masyarakat luas. Tetapi, untuk mencegah terinfeksi virus Corona, sebagian orang memilih untuk mendapatkan suntikan vaksin influenza, pneumonia, hingga vitamin C dan D.

Namun, apakah suntikan tersebut juga bisa menangkal seseorang terinfeksi virus Corona?

Menurut ketua Satgas imunisasi dewasa Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia Prof Dr dr Samsuridjal Djauzi, SpPD-KAI, suntikan vitamin C dan D itu berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh secara menyeluruh. Antibodi naik, tetapi tidak kebal virus.

"(Suntikan) vitamin C dan D antibodi naik secara keseluruhan, tapi tidak kebal virus," kata Prof Samsuridjal dalam dialog produktif di laman YouTube FMB9ID_IKP, Rabu (30/12/2020).

"Sedangkan vaksin itu kalau disuntikkan, tubuh akan membentuk kekebalan antibodi terhadap virus yang ditujukan, jadi akan tinggi sekali antibodi terhadap virus tersebut," lanjutnya.

Bagaimana dengan suntikan vaksin influenza dan pneumonia, apakah bisa menangkal COVID-19?

Prof Samsuridjal menjelaskan, berdasarkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), suntikan kedua vaksin tersebut dianjurkan di tengah pandemi Corona seperti saat ini. Selain untuk terhindar dari influenza dan pneumonia, risiko terkena COVID-19 juga lebih kecil.

"Kalau kita terhindar dari influenza dan pneumonia, risiko untuk terkena COVID-19 juga menjadi lebih sedikit," jelasnya.



Simak Video "Kemenkes Imbau Calon Penerima Vaksin Corona Jujur saat Skrining"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)