Selasa, 05 Jan 2021 18:42 WIB

Bagaimana Cara Penyebaran Virus Corona? Cek di Sini

Zintan Prihatini - detikHealth
close up. business colleagues in protective masks sitting at the office Desk. Bagaimana cara penyebaran virus Corona? (Foto: Getty Images/iStockphoto/YurolaitsAlbert)
Jakarta -

Usai libur panjang pergantian tahun, lonjakan kasus COVID-19 terus diantisipasi. Diperkirakan interaksi selama liburan bisa meningkatkan risiko penularan. Memangnya, bagaimana cara penyebaran virus Corona terjadi?

Yang pasti, merebaknya virus Corona masih menjadi kekhawatiran tersendiri. Bukan hanya karena jumlah kasusnya yang naik signifikan, tetapi cara penularannya pun makin beragam sehingga membuat masyarakat merasa khawatir.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan bahwa penyebaran virus Corona bisa terjadi melalui udara. Dalam pedoman terbaru yang dirilis di laman resmi WHO, memasukkan udara sebagai salah satu transmisi bagaimana cara penularan virus Corona.

Bagaimana cara penyebaran virus Corona melalui jalur lainnya?

Dikutip dari WebMD, ada beberapa mode yang menjadi cara penyebaran virus Corona, meliputi:

1. Droplet atau cipratan air liur, saat orang yang terinfeksi virus Corona mengalami batuk, bersin, atau berbicara, tetesan atau partikel kecil yang disebut aerosol membawa virus ke udara dari hidung atau mulut mereka. Siapapun yang berada dalam jarak kurang dari satu meter dari orang itu dapat menghirupnya dan berisiko terpapar COVID-19, apalagi jika tak menggunakan masker.

2. Airbone atau transmisi udara dapat menjadi salah satu jalur penyebaran Corona. Penelitian menunjukkan bahwa virus Corona dapat hidup di udara hingga 3 jam. Bagaimana cara penyebaran virus Corona melalui udara yaitu ketika seseorang menghirup udara yang telah terpapar, lalu virus itu masuk ke paru-paru.

3. Transmisi permukaan, adalah salah satu cara penyebaran virus Corona jika menyentuh permukaan tempat seseorang yang terkena virus batuk atau bersin dan mengenai permukaan tersebut. Kamu mungkin menyentuh meja atau gagang pintu yang terkontaminasi lalu menyentuh hidung, mulut, atau mata, lalu terpapar.

Virus Corona dapat hidup di permukaan seperti plastik dan baja tahan karat selama 2 hingga 3 hari. Sebagai cara mencegahnya, bersihkan dan desinfeksi semua permukaan seperti meja, kenop pintu, dan permukaan lain yang sering digunakan.

Dengan memahami bagaimana cara penyebaran virus Corona, yuk sama-sama tertib pakai masker untuk mencegahnya!



Simak Video "Begini Cara Aman Menyusui Bayi dari Ibu yang Positif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)