Rabu, 13 Jan 2021 08:30 WIB

Satgas: Vaksin Diprioritaskan Bagi Warga yang Belum Terpapar Corona

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Puskesmas Kelurahan Cilincing 1,Jakarta Utara, menggelar simulasi pemberian vaksin Sinovac, Selasa (12/1). Simulasi ini untuk memastikan kesiapan proses vaksinasi dan tenaga medis di puskesmas. Simulasi vaksinasi COVID-19. (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Vaksinasi COVID-19 akan dimulai perdana hari ini. Juru bicara Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan vaksinasi Corona tahap pertama diprioritaskan pada mereka yang belum pernah terinfeksi.

"Untuk orang yang sudah terpapar Covid-19 sementara tidak divaksin dulu. Prioritas vaksin untuk sementara ini untuk orang-orang yang belum pernah terpapar," kata Wiku dalam jumpa pers yang disiarkan Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (12/1/2021).

Adapun daftar kelompok prioritas penerima vaksin Corona tahap awal adalah tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan, kemudian disusul TNI/Polri, aparat hukum, dan petugas pelayanan publik lain.

Lebih lanjut, Prof Wiku menyebut vaksinasi dilakukan untuk membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok. Ini bisa terbentuk tanpa harus memvaksinasi semua warga di Indonesia.

"Indonesia melakukan vaksinasi dengan memprioritaskan kelompok masyarakat tertentu yang memiliki risiko tertular COVID-19 yang lebih tinggi dari yang lainnya dan memenuhi syarat," katanya.



Simak Video "Polemik Vaksinasi yang Dibayang-bayangi Kematian"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)