Jumat, 15 Jan 2021 13:34 WIB

Gambar Saya Siap Divaksin Viral di Medsos, Artinya Apa Sih?

Nafilah Sri Sagita K, Kanya Anindita - detikHealth
gambr siap divaksin Gambar saya siap divaksin. (Foto: (Tangkapan Layar: atas izin yang bersangkutan)
Topik Hangat Siap Divaksin!
Jakarta -

Gambar saya siap divaksin sedang viral di media sosial, banyak template gratis yang disediakan. Awalnya cuma dokter dan kalangan tenaga kesehatan yang memasangnya, lama-lama banyak yang membuat template sendiri.

Vaksinasi COVID-19 sendiri sudah dimulai sejak Rabu (13/1/2021). Presiden Joko Widodo dan sederet tokoh hingga artis turut ikut menjadi yang pertama divaksin Corona di Istana Jakarta.

Sejak Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan izin penggunaan darurat vaksin Corona Sinovac, dengan efikasi 65,3 persen, gambar saya siap divaksin makin banyak meramaikan timeline media sosial. Tidak hanya dari kalangan nakes perawat hingga dokter yang memang masuk prioritas tahap pertama vaksinasi COVID-19, tapi juga dari masyarakat umum.

Gambar saya siap divaksin ini menurut juru bicara vaksinasi dari Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi adalah inisiatif dari warga. Berbagai komunitas membuat template sendiri, tidak ada arahan dari pemerintah untuk memasang gambar saya siap di vaksin dengan foto masing-masing.

"Komunitas masing-masing ya," jelasnya saat dihubungi detikcom Jumat (15/1/2021).

Salah satu dokter umum dari Aceh, dokter umum dr Caisar Dewi Maulina mengaku ingin memasang gambar siap divaksin lantaran banyak masyarakat yang mulanya tak percaya pentingnya vaksinasi COVID-19.

"Saya ikut memasang poster atau gambar siap divaksin dengan alasan ingin menyuarakan ke masyarakat dgn harapan masyarakat yang tadinya menolak menentang vaksinasi tergerak untuk berubah pola pikirnya terkait vaksinasi COVID-19," kata dr Caisar.

Ia ingin dengan tersebarnya gambar siap di vaksin ini banyak publik yang lebih siap divaksin Corona. Ia berpesan untuk selalu cari tahu dulu soal kebenaran vaksinasi COVID-19 dan tak termakan hoax.

"Pesan saya utk masyarakat yang masih skeptis terhadap vaksin COVID-19 ini adalah agar lebih banyak mencari tahu, membaca, mencari literatur tentang vaksin, di Internet sudah banyak artikel yg memuat tentang efektivitas vaksinasi tersebut," jelasnya.

"Tak kenal maka tak sayang, jadi daripada langsung menolak, lebih baik kita cari tahu dulu kebenarannya," lanjutnya memberikan komentar mengapa dirinya ingin memuat gambar saya siap divaksin.



Simak Video "Komnas KIPI: Efek Vaksin Covid-19 Lebih Banyak Dialami Anak Muda"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)
Topik Hangat Siap Divaksin!