Sabtu, 16 Jan 2021 17:15 WIB

Viral Gambar Saya Siap Divaksin, Template Bisa Cari di Sini

Tim detikHealth - detikHealth
Vaksinasi tahap pertama di Kota Bogor dilakukan hari ini. Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim menjadi orang pertama di Kota Bogor yang disuntik vaksin Corona. Viral gambar saya siap divaksin, template gratis banyak tersedia (Foto: Rifkianto Nugroho)
Topik Hangat Siap Divaksin!
Jakarta -

Belakangan banyak yang pasang gambar saya siap divaksin, template untuk membuatnya kini makin banyak dicari. Banyak lembaga maupun komunitas membuat template masing-masing dan diviralkan.

Tidak ada ketentuan khusus untuk membuatnya, karena memang bukan gerakan resmi dari pemerintah. Juru bicara vaksinasi COVID-19 dari Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi menyebut, gerakan ini adalah inisiatif warga.

Meski demikian, Kementerian Kesehatan juga menyediakan template bagi yang ingin ikut pasang gambar 'saya siap divaksin'. Template dari Kementerian Kesehatan bisa diakses DI SINI.

Template tersebut dibuat dengan Twibbonize. Cara menggunakannya cukup mudah, ikuti saja langkah-langkah berikut:

  • Klik tombol 'Pilih Foto'
  • Pilih foto yang ingin digunakan, klik 'OK'
  • Sesuaikan foto dengan frame yang muncul
  • Klik 'Crop' jika sudah sesuai
  • Tinggal download deh
  • Gambar yang ter-download bisa dipasang di mana saja

Siap divaksin tapi tidak masuk prioritas

Vaksinasi COVID-19 di Indonesia sudah dimulai, namun pada tahap pertama yang mendapat prioritas adalah tenaga medis dan petugas layanan publik. Masyarakat umum masih harus bersabar untuk menunggu tahapan berikutnya.

Meski begitu, tingginya antusiasme sebagian warga tegambar dari banyaknya yang memasang gambar "saya siap divaksin" dengan template-template yang bertebaran di internet. Deska, warga Pamulang, mengaku berharap banyak pada vaksin COVID-19.

"Gue antusias banget sama ni vaksin, karena udah nggak betah banget sama situasi kaya gini, ya berharap banget dengan adanya ini bisa mengurangi atau memutus rantai penularan virus COVID-19," ujar Deska.

Tenaga kesehatan pun tidak semua mendapat prioritas. Ada kriteria tertentu yang masuk pengecualian, salah satunya usia lanjut. Vaksin yang dipakai di Indonesia belum teruji untuk usia 60 tahun ke atas, sehingga harus menunggu hasil uji klinis berikutnya.

"Nah saya sebagai dokter yang usianya lebih dari enam puluh, yang pasti ada penyakit, mewakili temen-temen yang lain nih saya menyatakan bahwa yang pertama saya percaya bahwa apa yang dilakukan pemerintah itu baik ya," kata dr Michael Triangto SpKO, praktisi olahraga yang juga tetap pasang gambar 'saya siap divaksin' meski tidak masuk prioritas vaksinasi.

Komunitas kamu juga punya template 'saya siap divaksin'? Share link di komentar ya.



Simak Video "Alasan WHO Akhirnya Luluh soal Vaksin Covid-19 Dosis Ketiga"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Siap Divaksin!