ADVERTISEMENT

Jumat, 22 Jan 2021 07:55 WIB

10 Suplemen Terbaik untuk Jaga Imunitas Tubuh Selama Pandemi COVID-19

Kanya Anindita - detikHealth
ilustrasi minum obat Suplemen untuk kekebalan tubuh (Foto: iStock)

4. Elderberry hitam

Dalam sebuah studi, elderberry hitam diketahui mengandung antibakteri dan antivirus yang melindungi sel tubuh dari berbagai penyakit, seperti infeksi saluran pernapasan. Mengonsumsi elderberry hitam juga terbukti dapat meredakan penyakit pilek.

5. Jamur obat

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi jamur obat dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta mencegah terkena penyakit asma dan infeksi paru-paru. Jenis jamur obat yang dimaksud adalah cordyceps, maitake, shitake, dan reishi.

6. Astragalus

Astragalus adalah ramuan yang biasa digunakan dalam pengobatan Tradisional Cina. Ekstrak astragalus dalam suplemen dapat meningkatkan kekebalan tubuh secara siginifikan.

7. Selenium

Selenium adalah mineral yang penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Suplemen selenium dapat meningkatkan pertahanan antivirus dalam tubuh terhadap penyakit influenza.

8. Bawang putih

Bawang putih memiliki anti-inflamasi dan antivirus yang kuat. Anti-inflamasi adalah aifat dalam suatu obat-obatan yang berfungsi mengurangi peradangan dan rasa nyeri. Bawang putih dapat meningkatkan kekebalan tubuh dengan merangsang sel darah putih pelindung seperti sel makrofag.

9. Vitamin B kompleks

Vitamin B termasuk B12 dan B6, sangat penting untuk kekuatan imun dalam tubuh. Kekurangan vitamin B dalam tubuh dapat memudahkan virus menyerang tubuh sehingga menimbulkan penyakit.

10. Kurkumin

Kurkumin merupakan senyawa aktif utama dalam kunyit. Kurkumin memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat sebagai pereda nyeri serta membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Warning! Kasus Covid-19 di Indonesia Meningkat 15 Kali Lipat"
[Gambas:Video 20detik]

(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT