Sabtu, 23 Jan 2021 10:10 WIB

Mengenal Empon-empon, Herbal yang Makin Hits Sejak Pandemi COVID-19

Farah Nabila - detikHealth
Seorang penjual jamu di Pasar Beringharjo membuat racikan jamu yang diberi nama empon-empon corona. Satu bungkus empon-empon corona itu dijual seharga Rp 10 ribu Sampai ada yang jual herba 'empon-empon corona' (Foto: Jauh Hari Wawan S)
Jakarta -

Empon-empon menjadi populer semenjak pandemi COVID-19. Tanaman yang termasuk dalam empon-empon sering disebut bisa meningkatkan imunitas untuk menangkal berbagai virus penyebab penyakit.

Empon-empon berasal dari Bahasa Jawa dari kata 'empu' yang berarti rimpang induk atau akar tinggal. Dikutip dari buku Budi Daya Empon-empon Berkhasiat karya Hieronymus Budi Santoso, tanaman empon-empon memiliki senyawa aktif flavonoid, saponin, dan minyak atsiri yang dapat digunakan sebagai obat.

"Rimpang jahe dan lengkuas bersifat pedas, mengapa? Sebab keduanya mengandung oleoresin yang berkhasiat untuk menghangatkan badan, menjaga stamina, dan mengobati batuk," jelas Hieronymus, yang dikutip dari HaiBunda.

Selain khasiatnya yang baik bagi tubuh, tanaman yang termasuk empon-empon ternyata juga mudah dirawat. Mereka bisa ditanam dengan cara mengoptimalisasikan tanah pekarangan dan gerakan pendayagunaan herba.

Temulawak merupakan salah satu empon-empon yang memiliki bunga dan daun cantik sehingga bisa menjadi tanaman hias. Lalu, apa saja tanaman yang termasuk dalam empon-empon?

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Pilah Pilih Jamu dan Herbal untuk Tambah Imun"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)