Sabtu, 23 Jan 2021 14:45 WIB

Doni Monardo Tertular Saat Makan? Ini Tips Menghindari Titik Lengah

Zintan Prihatini - detikHealth
Doni Monardo Doni Monardo menduga tertular COVID-19 saat makan (Dok. BNPB)
Jakarta -

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Doni Monardo menduga ia terpapar virus Corona saat makan bersama. Doni menuturkan selama berada di Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan untuk menangani bencana, dirinya sempat melepaskan masker saat makan bersama orang lain.

"Jadi saya yakin pada saat melepas masker dan makan itulah saya tertular," ujarnya.

Momen makan bersama disebut-sebut sering menjadi titik lengah penularan COVID-19. Hal ini pun disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Boyolali, Ratri S Survivalina, bahwa kegiatan makan bersama berpotensi memicu penularan COVID-19 di klaster keluarga maupun di tempat kerja.

"Karena pada waktu makan itu biasanya pada buka masker. Kemudian pada saat makan bersama disitu biasanya terjadi ngobrol ya dan itu ternyata disinyalir menjadi salah satu sumber penularan yang utama di klaster keluarga maupun di klaster tempat kerja," tuturnya kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Ia pun mengimbau untuk menghindari acara makan bersama. Jika tak bisa menghindarinya, saat makan usahakan untuk tidak berhadapan dengan kata lain, saling membelakangi sehingga meminimalisir potensi penularan.

Apalagi yang harus dilakukan untuk mencegah penularan COVID-19 saat makan bersama?

Dikutip dari The New York Times, berikut cara mencegah penularan COVID-19 saat makan bersama.

1. Minta tamu untuk melakukan tindakan pencegahan

Jika akan mengadakan acara dan makan bersama teman atau keluarga, minta mereka untuk mengurangi kontak keluar rumah setidaknya selama seminggu sebelum acara.

"Setiap orang dapat mencoba mengurangi jumlah kontak setidaknya seminggu sebelum acara, dan melakukan hal yang sama setelahnya," kata ahli epidemiologi penyakit menular dan profesor di departemen pengobatan populasi di Harvard Medical School, Julia Marcus.

2. Makan di ruang terbuka

Ruangan dengan sedikit udara meningkatkan risiko penularan COVID-19 antar manusia. Untuk itu, pilih ruangan yang terbuka agar sirkulasi udara lancar, untuk mengurangi risiko penularan.

3. Gunakan masker saat tidak makan

Semua orang yang berada di meja yang sama saat makan bersama harus memakai masker ketika tidak makan. Mengobrol tanpa masker akan mencipratkan air liur yang mungkin sudah terpapar virus Corona.

4. Hindari menggunakan alat makan yang sama dengan orang lain

Jika sedang makan bersama, hindari menggunakan peralatan makan seperti sendok, garpu, piring, atau gelas bersamaan dengan orang lain. Selain itu, berhati-hatilah saat menyentuh barang yang telah disentuh orang. Cuci tangan sesering mungkin dengan sabun, serta beri jarak saat makan untuk mencegah penularan COVID-19 saat makan bersama.



Simak Video "Doni Monardo Paparkan Strategi Pengungsian di Tengah Badai Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)