Rabu, 27 Jan 2021 05:26 WIB

Round Up

Dua Pesan Menkes Saat COVID-19 Tembus Sejuta Kasus di Indonesia

Kanya Anindita - detikHealth
Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) hadirkan laboratorium mini-layanan tes swab antigen bagi para pegawai. Hal itu dilakukan guna cegah COVID-19. Jumlah kasus COVID-19 di Indonesia sudah tembus satu juta (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan bahwa kasus COVID-19 di Indonesia telah menembus angka satu juta per Selasa (26/1/2021). Hal ini disampaikan lewat Keterangan Pers Menteri Kesehatan di akun Youtube Sekretariat Presiden.

"Hari ini adalah hari di mana jumlah orang yang terpapar COVID-19 di Indonesia menembus angka satu juta orang. Angka ini membuat kita harus merenung dan ada dua momen penting yang harus kita sadari," kata Menkes Budi.

"Momen yang pertama adalah ini saatnya kita untuk berduka, karena ada banyak saudara-saudara kita yang sudah wafat, ada lebih dari 600 tenaga kesehatan yang sudah gugur dalam menghadapi pandemi, dan mungkin sebagian dari keluarga dekat juga meninggalkan kita," tambahnya.

Menurut Menkes Budi, angka 1 juta ini menunjukkan bahwa seluruh rakyat Indonesia dan pemerintah harus bekerja keras untuk mengatasi pandemi. Hal ini dilakukan agar pengorbanan yang sudah dilakukan tenaga kesehatan tidak sia-sia.

Mengutip saran para ahli epidemiologi, Menkes Budi mengatakan bahwa laju penularan virus harus ditekan untuk bisa mengatasi pandemi. Ada dua hal utama yang bisa dilakukan untuk mengurangi laju penyebaran virus:

1. Menjalankan protokol kesehatan

Gunakan masker, rajin cuci tangan, dan jaga jarak. Hal ini sangat susah dilakukan apabila hanya dilakukan sebagian pihak. Untuk itu, masyarakat beserta pemerintah harus bekerja sama agar disiplin untuk menjalankan protokol kesehatan.

2. Melakukan testing, tracing, dan isolasi mandiri

Ketiga hal ini merupakan tanggung jawab kementerian kesehatan. Program testing untuk mengidentifikasi rakyat yang diduga terpapar COVID-19. Kemudian program tracing dilakukan sebagai pelacakan terhadap mereka yang kontak erat dengan pasien positif COVID-19.

Selanjutnya, kementerian kesehatan juga harus menyiapkan tempat yang nyaman untuk isolasi mandiri agar yang bersangkutan bisa sembuh. Tujuan dari ketiga program tersebut adalah mengurangi laju penyebaran virus COVID-19.



Simak Video "Menkes Beberkan Alasan Vaksinasi Diminta Secepat-cepatnya"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)