Rabu, 27 Jan 2021 11:00 WIB

Ilmuwan Disarankan Upgrade Vaksin untuk Hadapi Varian Baru Corona

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Vaksin virus corona: Enam sudah diuji coba pada manusia, namun tantangannya ada pada produksi massal Ilustrasi vaksin Corona. (Foto: BBC World)
Jakarta -

Pada Senin (25/1/2021), pakar penyakit menular Amerika Serikat (AS) Anthony Fauci mengatakan para ilmuwan sudah siap mengembangkan vaksin COVID-19 untuk mengatasi berbagai varian baru Corona, seperti yang muncul di Inggris maupun Afrika Selatan.

Hasil penelitian yang muncul di jurnal pra-cetak menunjukkan bahwa mutasi dari Afrika Selatan membuat efikasi vaksin yang ada saat ini berkurang.

"Tampaknya ada ancaman yang lebih besar bagi kemanjuran vaksin, meskipun efikasi vaksin yang kita gunakan saat ini cukup kuat untuk melawan mutasi di Afrika Selatan maupun di Inggris," kata Fauci yang dikutip dari AP News, Rabu (27/1/2021).

Fauci juga mengatakan situasi seperti saat ini akan terus berkembang. Untuk itu, para ilmuwan sedang membuat versi terbaru dari vaksin Corona yang ada untuk bisa mengatasi mutasi virus Corona dari Afrika Selatan serta Inggris.

"Jadi, meskipun saat ini vaksin sepertinya bisa untuk melawan mereka (mutasi), kita perlu bersiap untuk meningkatkan dan bahkan mungkin sebagai pendorong nantinya, atau sebagai vaksin bivalen untuk melawan tipe liar dan mutasi yang berkembang,"jelasnya.



Simak Video "Vaksin COVID-19 Karya RI Pakai Sel Dendritik, Ini Cara Kerjanya"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)