Sabtu, 30 Jan 2021 20:03 WIB

Terinfeksi COVID-19, Bocah 4 Tahun Ini Lumpuh Akibat Peradangan Akut

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Tangan pasien anak (Foto ilustrasi: thinkstock)
Jakarta -

Seorang bocah perempuan berusia empat tahun lumpuh setelah didiagnosis menderita penyakit tulang belakang yang disebabkan COVID-19. Ia pun dirawat di rumah sakit selama delapan bulan.

Bocah bernama Stella Martin itu dibawa ke San Juan Regional Medical Center di Farmington, New Mexico, pada April 2020 lalu. Sebelumnya ia mengeluh pada sang ibu, Cassandra Yazzie, merasakan sakit punggung dan tiba-tiba lemas.

Dikutip dari New York Post, Stella lalu dipindahkan ke University of New Mexico Hospital (UNM Hospital) di Albuquerque. Di sana ia didiagnosis terinfeksi COVID-19 dan mielitis transversa akut.

Penyakit ini diklasifikasi sebagai peradangan akut pada tulang belakang yang menyerang lapisan mielin atau selaput yang menyelimuti serat sel saraf.

Para dokter di UNM Hospital mengatakan, ini adalah kasus mielitis transversa akut pertama yang berkaitan dengan virus Corona pada anak di rumah sakit tersebut.

Menurut Dr Barry Ramo, virus Corona diketahui bisa menyebabkan respon hiper-imun pada anak-anak. Dan mungkin inilah yang menjadi penyebab peradangan sumsum tulang belakang yang dialami Stella.

Stella harus dirawat selama lima bulan di UNM Hospital. Kemudian, ia kembali dirawat di Rumah Sakit Carrie Tingley selama tiga bulan.

"Saya sangat berterima kasih kepada staf di UNM Hospital, para dokter dan perawat. mereka sudah melakukan banyak hal untuk Stella," kata Yazzie.

Namun, tragisnya saat Stella dirawat di rumah sakit, ayahnya meninggal akibat COVID-19. Stella sempat mengatakan bahwa ia merindukan ayahnya.

Pasca dirawat, para dokter memberitahu Yazzie bahwa kondisi Stella mungkin tidak akan kembali seperti sebelumnya. Namun, seiring berjalannya waktu Stella mulai membaik dan bisa sedikit menggerakkan lengannya.



Simak Video "Satgas soal Laporan Kasus Covid-19 di RSCM: Ada Sedikit Peningkatan"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)