Selasa, 02 Feb 2021 08:02 WIB

Pasien Jalan Ngangkang Seperti Penguin Disebut karena Anal Swab, Ini Faktanya

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
anal swab Video pasien berjalan ngangkang disebut karena anal swab. Dipastikan informasi ini tidak benar (Foto: viral)
Topik Hangat Anal Swab COVID-19
Jakarta -

Sebuah video viral menggambarkan sejumlah pasien berjalan ngangkang seperti penguin, dinarasikan akibat anal swab yang tengah jadi perbincangan di China. Otoritas Shijiazhuang memastikan informasi dalam video tersebut tidak benar.

Sejumlah informasi menyebut, video tersebut diambil di sebuah rumah sakit di Shijiazhuang. Namun otoritas setempat memastikan, metode pengambilan sampel virus Corona dilakukan secara nasal dan oral.

Pengambilan sampel melalui anal swab hanya dilakukan pada pasien di rumah sakit yang mengalami diare. Prosedur pengambilan anal swab juga tidak semenyeramkan itu, tidak ada keluhan yang berarti sejauh ini.

Video viral yang diedit dengan sound effect tertawa itu telah diputar jutaan kali di berbagai platform media sosial di China. Beberapa informasi yang sama-sama tidak terkonfirmasi menyebut, video tersebut sebenarnya adalah pasien sirkumsisi atau sunat.

Anal swab sendiri adalah salah satu metode pengambilan sampel untuk mendeteksi virus Corona. Caranya adalah dengan memasukkan stick sepanjang 3-5 cm ke dalam dubur, lalu memutarnya beberapa kali. Sampel yang didapat lalu diperiksa dengan PCR (polymerase chain reaction).

Dikutip dari Globaltimes, para pakar menegaskan bahwa anal swab dilakukan untuk meningkatkan akurasi tes Corona. Namun karena harus diakui metode pengambilan sampelnya tidak nyaman, cara ini hanya dipakai pada kondisi tertentu.

Tonton video 'China Gunakan Swab Test Lewat Anal untuk Deteksi Virus Corona':

[Gambas:Video 20detik]



(up/kna)
Topik Hangat Anal Swab COVID-19