Selasa, 02 Feb 2021 15:47 WIB

Belum Dapat Giliran Disuntik? Ini Jadwal Vaksinasi COVID-19 Massal di 5 Kota

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Sebanyak 14 tenaga medis di Depok menjalani proses vaksinasi COVID-19. Para tenaga medis itu disuntik vaksin Sinovac. Foto: Dedy Istanto/Detikcom
Jakarta -

Vaksin Corona Sinovac tahap keempat telah tiba di Indonesia hari ini, Selasa (2/2/2021). Jumlah yang diterima sebanyak 10 juta bulk atau bahan baku vaksin dan tambahan 1 juta vaksin overfill dalam bentuk setengah jadi, sehingga totalnya menjadi 11 juta.

Menurut juru bicara vaksinasi COVID-19 dari Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmidzi, vaksin ini nantinya akan didistribusikan ke provinsi, lalu ke kabupaten dan kota, sampai ke fasilitas pelayanan kesehatan untuk dilakukan vaksinasi massal.

"Untuk vaksinasi ini ada dua hal yang kita lakukan. Pertama kita melalui fasilitas pelayanan kesehatan. Jadi, baik dipuskesmas maupun di rumah sakit itu kita membuat pelayanan vaksinasi secara rutin. Tiap hari Senin sampai Jumat, bahkan ada yang Sabtu-Minggu pun memberikan

"Kedua yang kita lakukan adalah membuat pos-pos vaksinasi, tetapi untuk memberikan vaksinasi dalam jumlah yang besar ya sampai 1.000-2.000, bahkan 4.000. Kemarin kita sudah mulai di Yogyakarta dan sebelumnya ada di DKI Jakarta melalui poltekkes, kemudian juga di Surabaya," lanjutnya.

Selain itu, dr Nadia juga mengatakan bahwa vaksinasi ini akan dilakukan terutama pada daerah-daerah yang cangkupan tren pengendalian kasus COVID-19 masih agak lambat. Ini tentunya untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi pada tenaga kesehatan hingga ke petugas pelayanan publik, yang dilakukan secara massal.

Adapun beberapa daerah yang sudah dijadwalkan untuk pelaksanaan vaksinasi massal, yaitu:

  • Makassar pada 2 Februari 2021, di bawah koordinasi RS Wahidin
  • Semarang pada 2 Februari 2021, di bawah koordinasi RSUP Dr Kariadi
  • Bandung pada 3 Februari 2021, di bawah koordinasi RS Hasan Sadikin
  • Denpasar pada 4 Februari 2021, di bawah koordinasi RSUP Sanglah
  • Manado pada 5 Februari 2021, di bawah koordinasi RSUP Kandou


Simak Video "KuTips: Vaksinasi Covid-19 di Bulan Puasa, Ini yang Harus Disiapkan!"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)