Selasa, 02 Feb 2021 18:41 WIB

Mengenal Kriptorkidisme, Kelainan Testis yang Dialami Anak Oki Setiana Dewi

Vidya Pinandhita - detikHealth
Anak Keempat Oki Setiana Dewi Oki Setiana Dewi dengan anaknya yang keempat, Sulaiman. (Foto: Instagram @okisetianadewi)
Jakarta -

Selebritis Oki Setiana Dewi melahirkan anak keempat pada November 2020. Bayi laki-lakinya itu ia beri nama Sulaiman Ali Abdullah. Berbeda dengan bayi baru lahir pada umumnya, Sulaiman tidak menangis saat dilahirkan.

Sejak lahir, Oki sudah membawa buah hatinya ke beberapa dokter spesialis. Setelah diperiksa, Sulaiman ternyata mengalami beberapa kelainan.

"Mungkin teman-teman nanya, kenapa Sulaiman dibawa ke dokter endokrin, cek kromosom, ke dokter urologi. Setelah sebelumnya ke dokter paru, jantung, THT, saraf, dan lain-lain," kata Oki dalam akun YouTube miliknya, Selasa (2/2/2021).

"Saya cuma cerita supaya nanti kalau teman-teman mengalami anaknya seperti Sulaiman, tidak terkaget-kaget bahwa ada kelainan seperti ini," imbuhnya.

Oki menjelaskan, buah hatinya mengidap kriptorkidisme, undescended testicle atau testis yang belum turun. Pada kasus tersebut, anak laki-laki lahir dengan penis, namun tanpa testis.

Ketika Sulaiman lahir, dokter sempat memutuskan untuk tidak membuat akte kelahiran lebih dulu lantaran kelamin Sulaiman belum bisa diketahui. Tentu, hal itu membuat Oki terkejut.

"Jadi, itu buat saya agak shock karena ada bayi yang lahir dengan dua kelamin. Saat itu, Sulaiman penisnya ada tapi testisnya belum ada. Di USG nggak ketemu," terang Oki.

Dokter spesialis endokrin kemudian menyuntikan sesuatu pada Sulaiman untuk mengetahui apakah di tubuhnya terdapat testosteron, alias hormon pria yang diproduksi alami oleh tubuh. Setelah disuntik, diketahui bahwa Sulaiman memiliki testosteron yang menandakan dirinya berjenis kelamin laki-laki.

Selain mengalami kriptorkidisme, anak keempat Oki ini mengalami laringomalasia dan hipotonia. Walhasil, ia harus menjalani fisioterapi.

Apa itu sebenarnya laringomalasia dan hipotonia?

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Mengenal Sindrom Prader-Willi yang Disebabkan Kelainan Genetik"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)