Rabu, 10 Feb 2021 09:30 WIB

WHO Pastikan Asal Usul Virus Corona Bukan dari Lab Wuhan

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Jakarta -

Tim ahli dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menegaskan bahwa virus Corona tidak berasal dari laboratorium Wuhan, China.

Kemungkinan COVID-19 berasal dari laboratorium di Wuhan akibat insiden menjadi salah satu dari empat hipotesis yang dianalisa para penyelidik WHO selama misi mereka mencari asal usul pandemi.

"Itu sangat tidak mungkin (dari laboratorium Wuhan), dan penelitian lebih lanjut tidak diperlukan untuk teori ini," kata Dr Peter Ben Embarek, kepala tim penyelidik WHO dalam konferensi pers, Selasa (9/2/2021).

Ada spekulasi di awal pandemi yang menyebut bahwa virus Corona diproduksi atau secara tidak sengaja bocor dari laboratorium di Institut Virologi Wuhan, yang terlibat dalam penelitian virus Corona.

Tetapi teori ini sebagian besar telah ditolak oleh komunitas ilmiah global dan peneliti China yang bekerja di laboratorium tersebut.

Ada beberapa hipotesis yang dieksplorasi oleh tim WHO. Selain hipotesis virus Corona berasal dari laboratorium Wuhan, yang sudah dibantah, tiga analisis lain termasuk virus melompat langsung dari inang hewan; menginfeksi manusia melalui hewan perantara; dan kemungkinan penularan ke manusia melalui makanan beku.

"Kami tahu bahwa virus dapat bertahan di lingkungan yang dingin dan beku ini, tetapi kami tidak benar-benar memahami apakah virus kemudian dapat menularkan ke manusia dan dalam kondisi apa hal ini dapat terjadi," jelas Dr Embarek.

(kna/up)